Sekolah Terpencil di KSB Bakal Melek Internet

oleh -1 views
Kadis Dikpora KSB, Drs. Tajuddin
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DISHUBKOMINFO SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (28/02/2017)

Sekolah sekolah terpencil sering diindetikan dengan sekolah yang ketinggalan zaman dan tidak berkembang. Sorotan ini cukup beralasan karena kurangnya mendapatkan informasi dari dunia luar mengingat keterbatasan sarana dan prarana penunjang dalam pendidikan. Untuk mengubah paradigma tersebut, pemerintah daerah melalui dinas teknis melakukan akselerasi kerjasama dengan pemerintah pusat untuk program sekolah terpencil melek internet.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Sumbawa Barat, Drs Tajuddin yang ditemui SAMAWAREA, Senin (27/2) kemarin mengatakan, dalam rangka membuka akses sekolah terpencil ke dunia global salah satunya sekolah tersebut harus bisa internet. Pihaknya akan mengusulkan semua sekolah di KSB untuk mendapatkan jaringan internet, terutama sekolah terpencil untuk penyetaraan. Hal ini dilakukan agar semua angka didik memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal di bidang pendidikan. “Kita sudah melakukannya. Komunikasi ke semua sekolah terpencil seperti di Mantar, Rarak Runges, Mataiyang, Talonang, Tuananga, dan lainnya terkait rencana pemasangan internet di sekolah masing-masing,” akunya.

Dalam pemenuhan internet di setiap sekolah, Dikpora bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi. Polanya membuat rencana kebutuhan dalam bentuk proposal yang akan diserahkan ke Dinas Kominfo selaku pelaksana kegiatan.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Kominfo KSB, Muslimin mengakui hal itu. Untuk pemenuhan internet di setiap sekolah terutama sekolah terpencil pihaknya membutuhkan proposal guna diteruskan ke Kementerian Kominfo. “Kami sudah terkoneksi dengan aplikasi yang diberikan langsung oleh Kementrian. Lewat koneksi inilah kami akan mengirim langsung proposal yang yang ditembuskan kepada kami. Saya pastikan proposal itu langsung masuk Kementerian Kominfo,” pungkasnya. (HEN/SR)

 

iklan bapenda
Baca Juga  Mobil Listrik Buatan NTB Terus Disempurnakan