Dilaporkan Hilang di Situbondo, Santri Ponpes Ditemukan di Sumbawa

oleh -3 views
Nasruddin, remaja 14 tahun hilang di Situbondo, ditemukan di Sumbawa. Ternyata santri yang kabur dari Ponpes
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (28/02/2017)

Seorang remaja ditemukan terlantar oleh Petugas Bhabinkamtibmas, Selasa (28/2). Remaja yang diketahui bernama Nasruddin (14) ini berasal dari Situbondo. Dia kabur dari sebuah pondok pesantren di sana sejak 4 hari lalu dengan menumpang bus. Kini remaja tersebut telah diamankan di Polres Sumbawa dan keluarganya yang dihubungi dalam perjalanan datang menjemputnya.

amdal

Ditemui SAMAWAREA, Nas—panggilannya menuturkan, bahwa keinginannya untuk kabur dari Ponpes tempatnya menimba ilmu karena sudah tidak tahan dengan perlakuan teman-temannya. Dia yang memiliki kekurangan secara fisik karena bicaranya cadel dan tidak lancar ini, kerap dibully dan dipukul. “Sudah 8 bulan saya di Pesantren menahan hinaan dan aksi kekerasan teman-teman saya itu, akhirnya saya memilih kabur,” kata Nas.

Dia tidak pulang ke rumah. Menurutnya percuma karena keluarganya tak mungkin menerimanya dan mengembalikannya lagi ke Ponpes. Ayah dan ibunya sudah bercerai dan telah memiliki keluarga masing-masing. Ingin pulang ke tempat ibunya, dia tidak cocok dengan ayah tirinya. Demikian sebaliknya ingin ke rumah ayahnya, dia tidak sepaham dengan ibu tirinya.

Dia pun nekat menumpang bus yang membawanya kemana saja. Sopir mengijinkannya karena dia mengaku anak panti asuhan. Untuk makan dan minum selama perjalanan, Nas mengaku mencari uang dengan cara meminta-minta. Akhirnya Nas terdampar di Sumbawa. Kota yang asing ini mendorongnya untuk mencari masjid, dan selanjutnya berencana mencari panti asuhan. Nas tiba di Masjid Agung Nurul Huda. Usai melaksanakan sholat dia tidak beranjak meski jamaah setempat sudah bubar. Kondisi Nas yang memprihatinkan ini menarik perhatian Bripka Heru Tugas—anggota Babhinkamtibmas untuk Kecamatan Sumbawa. Setelah ditanya dan mendapat informasi, Heru langsung membuka internet mencari alamat lengkap Ponpes tempat Nas menetap dan belajar. Setelah itu Heru menghubungi nomor HP yang tertera dalam alamat Ponpes dimaksud. Dari penjelasan pengelola Ponpes di Situbondo, memang benar Nasruddin adalah salah satu santrinya yang hilang beberapa hari lalu. Akhirnya Nas dibawa ke Polres Sumbawa.

Baca Juga  Hendak Beri Kejutan Ulang Tahun, Dua Siswi Terluka Parah

Saat disinggung orang tuanya akan datang menjemputnya, Nas mengaku tidak ingin pulang. Dia ingin tinggal di Panti Asuhan Muhammadiyah Sumbawa. “Saya tidak mau pulang, saya ingin di sini, tinggal dan belajar di Panti Asuhan,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Sumbawa, AKP Elyas Ericson SH SIK mengaku sudah menghubungi orang tua Nasruddin yang berencana akan datang menjemputnya. “Mungkin sekarang dalam perjalanan ke Sumbawa,” imbuhnya. (JEN/SR)

iklan bapenda