Desak Rekom Hentikan Operasi SJR, DPRD: Tunggu Dulu

oleh -0 views
Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kamaluddin ST M.Si memimpin pertemuan warga lingkar selatan dan manajemen PT SJR di DPRD Sumbawa, Jumat (24/2)
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (24/02/2017)

Puluhan warga dari wilayah selatan Sumbawa mendesak dihentikannya operasional PT Samawa Juta Raya (SJR) dan PAMA di wilayah Kecamatan Ropang. Desakan ini disampaikan saat menggelar pertemuan yang difasilitasi lintas Komisi di DPRD Sumbawa, Jumat (24/2) siang tadi. Keinginan warga yang meminta DPRD menerbitkan rekomendasi untuk menghentikan operasional PT SJR/PAMA ini belum bisa direalisasikan. Sebab DPRD masih memberikan ruang kepada warga dan manajemen perusahaan tambang tersebut menggelar pertemuan kembali. “Anda ingin ada solusi dalam aspirasi ini, masih ada ruang untuk pertemuan kembali. Jadi rekomendasi itu belum bisa kami buat,” kata Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kamaluddin ST M.Si selaku pimpinan pertemuan. Saat itu Kamaluddin didampingi Abdul Rafiq, M Yamin SE M.Si, Khaeruddin SE, dan beberapa anggota lainnya.

amdal

Hearing SJR dan DPRD

Menurut Kamal—akrab politisi PPP ini disapa, karena perwakilan PT SJR yang hadir tidak bisa mengambil keputusan dan belum bisa memberikan penjelasan yang memuaskan warga, maka disepakati untuk mengagendakan pertemuan ulang. “Pertemuan ini tidak akan ada hasilnya jika perwakilan perusahaan tidak bisa mengambil keputusan,” tukas Kamal, seraya menyatakan akan membawa persoalan itu ke Propinsi selaku pihak yang berwenang menerbitkan Ijin Usaha Penambangan (IUP) PT SJR.

Untuk diketahui, puluhan warga dari beberapa kecamatan lingkar tambang mendatangi gedung DPRD. Masyarakat dari berbagai kelompok itu meminta dewan mengeluarkan rekomendasi penghentian sementara operasional PT SJR. Selain itu meminta dewan membentuk Pansus untuk mengusut berbagai persoalan seperti rekrutmen tenaga kerja yang memberlakukan batas usia, adanya kapal pengangkut alat berat di pantai selatan, pemberdayaan masyarakat dan akses jalan ke lokasi tambang tidak melalui Ropang melainkan Labangka. Terhadap usulan pembentukan Pansus ini, Lukman Mubarak dari CSR PT SJR, sepakat. Lukman juga berjanji akan menyampaikan aspirasi masyarakat tersebut kepada atasannya. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Pengurus Baru Tak Bisa Gunakan Sekretariat PDIP