Puluhan Penderita Bibir Sumbing Jalani Operasi Gratis

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (23/02/2017)

Yayasan Smile Train, EsWeje Aesthetica Klinik Malang, Doctor Children Found (DCF), DAN Endrie’s Foundation, menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan Sumbawa dan Rumah Sakit Manambai Abdul Kadir untuk menggelar operasi bibir sumbing gratis. Kegiatan untuk membantu para penderita bibir sumbing ini diikuti sedikitnya 46 pasien, dengan lokasi pelaksanaan di Rumah Sakit Manambai Abdul Kadir.

amdal

Pimpinan Doctor Children Found (DCF), Wawan Syafwanuddin mengatakan, operasi bibir sumbing di Sumbawa ini sudah dilaksanakan sejak 2006 lalu. Awalnya, kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan dokter Interplas dari Australia. Namun 2013 lalu, izin dokter tersebut kadaluarsa dan tidak diperpanjang oleh Kementerian Kesehatan. Akhirnya, pihaknya bekerjasama dengan EsWeje Aesthetica Klinik Malang. Pihak klinik tersebut bersedia untuk membantu dalam kegiatan ini dengan catatan, pasiennya minimal berjumlah 30 orang. Akhirnya, bersama dengan Dinas Kesehatan Sumbawa dan sejumlah relawan pihaknya berhasil mengumpulkan 46 orang pasien, 9 di antaranya dari Pulau Lombok dan dua dari KSB.

Untuk dokternya disediakan EsWeje Aesthetica Klinik. Operasi ini sudah mulai dilakukan sejak 22 Februari lalu dan berakhir 24 Februari. “Dalam kegiatan ini dilakukan dua penanganan yaitu operasi bibir sumbing dan langit-langit mulut yang terbelah. Tindakan pertama adalah menutup bibir sumbingnya terlebih dahulu, kemudian mengoperasi langit-langit mulut,” jelas Wawan.

Selain pasien yang mendaftar, lanjut Wawan, ada pasien lain dari Kecamatan Alas yang akan ditangani dan sudah didata. Jika tidak ada kegiatan bhakti sosial di Sumbawa yang bersangkutan akan dikirimkan ke Bali untuk ditangani. “Kami siap bekerjasama dengan lembaga sosial manapun. Sebab kami benar-benar ingin membantu masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga  Terkini, 25 Orang di NTB Terpapar Covid, Penularannya Masih Misterius

Sementara itu Manajer EsWeje Aesthetica Klinik Malang, Arofah mengaku sudah empat kali digandeng untuk melaksanakan kegiatan serupa. Kegiatannya satu kali dilaksanakan di RSUD Sumbawa dan tiga kali di Rumah Sakit Manambai Abdul Kadir. Dalam kegiatan ini, pihaknya mengirimkan tiga orang dokter yaitu dokter bedah plastik dan dokter anastesi. Dengan jumlah tiga orang dokter ini, pihaknya tidak akan kewalahan menangani para pasien. Targetnya minimal 30 pasien. “Kami dengan senang hati membantu masyarakat di Sumbawa,” ucapnya. (JEN/SR)

iklan bapenda