10 Desa Terpencil di KSB Dijamah Internet

oleh -12 views
Muslimin Kadis Kominfo KSB
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DISHUBKOMINFO KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (23/02/2017)

amdal

Sedikitnya 10 desa terpencil di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tidak lagi dianggap menjadi desa terbelakang. Pemerintah daerah setempat melalui dinas terkait akan meretas keterisoliran informasi dan komunikasi melalui program internet masuk desa. Upaya tersebut untuk memudahkan komunikasi antara wilayah-wilayah yang sulit terjangkau (desa terpencil) dengan pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat, baik dalam bentuk pelaporan mengenai data ataupun penyampaian kebijakan pemerintah yang bersentuhan langsung dengan desa.

Ditemui SAMAWAREA, Rabu (22/2) kemarin, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) KSB, Muslimin mengatakan untuk lebih memudahkan dan mempercepat pelayanan terhadap masyarakat di desa-desa terpencil sudah dipasang jaringan internet. Ada 10 desa yang dijamah program pusat tersebut yang dikategorikan sangat jauh dan sulitnya akses transportasi. Selain itu ketepatan dan kecepatan informasi juga menjadi faktor utama dalam penerapan program desa melek internet ini.

10 desa tersebut adalah Desa Talonang, Desa Mantar, Desa Rarak Runges, Desa Mata Iyang, Desa Moteng, Desa Bakat Monte, Desa Klanir, Desa Kiantar, Desa Tuananga dan Desa Tatar. Kesepuluh desa ini sudah selesai, terakhir pemasangan jaringannya di Desa Rarak Runges.

Sistem pemasangan jaringan ke desa terpencil ini merupakan Program Manggo Skay yang jaringannya langsung terhubung dengan satelit luar angkasa sehingga tidak akan ada masalah dengan sinyal khusus di daerah pemasangan internet program Manggo Skay ini. Setelah semua terpasang langsung diserahkan atau didihibahkan ke desa, dan menjadi tanggung jawab desa tersebut untuk keberlanjutannya. Disinggung mengenai anggaran pemasangan jaringan internet ini, Muslimin menyebutkan setiap desa membutuhkan biaya Rp 15.950.000 yang bersumber dari dana APBD. “Pasca pemasangan jaringan internet ini kami akan melakukan sosialisasi ke semua desa tentang program internet ini. Jika ada desa yang berminat kita akan programkan kembali,” demikian Muslimin. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Gubernur Tekankan Jajarannya Permudah Investor