Stop Pasokan Luar, KSB Canangkan 95 Hektar Hortikultura

oleh -0 views
Kabid HortiKultura Dinas Pertanian Peternakan dan Hortikultura Sumbawa Barat, Idrus SH
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN BAG. HUMAS DAN PROTOKOL SETDA SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (22/2/2017)

Kebutuhan pokok seperti sayur mayur di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) masih dipasok dari luar daerah di antaranya Sumbawa, Bima dan Lombok. Pasalnya masyarakat local setempat tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar. Untuk memotivasi masyarakat, pemerintah daerah melalui leading sektor terkait mencanangkan 95 hektar penanaman tanaman hortikultura di KSB.

Ditemui SAMAWAREA, Rabu (22/2), Kabid HortiKultura Dinas Pertanian Peternakan dan Hortikultura Sumbawa Barat, Idrus SH mengatakan bahwa KSB berambisi untuk swasembada horti sehingga masyarakatnya tidak tergantung lagi pasokan daerah lain yang cenderung harganya sulit dikendalikan. “Pemerintah pusat dan dearah bekerjasama untuk mendukung program tanaman horti di daerah ini,” ujarnya.

Untuk tanaman horti jenis cabe ungkap Idrus, akan ditanam seluas 50 Ha, tomat 20 Ha, dan bawang merah 25 Ha. Penanaman horti ini dibagi rata ke semua kecamatan dengan pola setiap kecamatan satu desa untuk menjadi desa horti percontohan.

Sedangkan untuk lahannya disediakan oleh setiap kelompok di masing masing desa, pemerintah yang memberikan bantuan mulai dari bibit, obat-obatan hingga peralatan pertanian seperti mesin. Yang dilakukan petani hanya pemeliharaan dan hasilnya untuk petani tersebut. “Dana untuk program ini berasal dari pusat sebesar Rp 3,1 Milyar dan daerah sendiri mencapai Rp 1 Milyar lebih. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Wagub NTB Soroti Harga Cabai