PKK NTB Gelar Roadshow di Kabupaten Sumbawa

oleh -1 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (22/02/2017)

Tim Penggerak PKK Provinsi NTB menggelar Road Show dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK di Kabupaten Sumbawa, Rabu (22/2). Kabupaten Sumbawa merupakan kabupaten kelima yang dikunjungi rombongan TP PKK Provinsi NTB setelah Kota Mataram, Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu.

Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa, Hj. Amien Rahmani Husni Djibril dalam sambutannya, menyampaikan kegiatan roadshow HKG PKK Provinsi NTB merupakan agenda tahunan dalam rangka membangun partisipasi semua pihak bagi peningkatan cakupan pelayanan KB-Kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat dan gerakan PKK. Hal tersebut tidak lepas dari peran PKK sebagai salah satu unsur penggerak pembangunan. Sehingga seluruh upaya yang dilakukan Tim Penggerak PKK dari tingkat provinsi, kabupaten, sampai tingkat desa memiliki tujuan untuk mewujudkan keluarga yang sehat, bahagia dan sejahtera agar mampu menjadi kekuatan pendukung pembangunan yang berkelanjutan. Roadshow HKG PKK juga diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat ber-KB masyarakat, serta menggerakkan dan memberdayakan seluruh keluarga untuk ikut program KB yang ditindaklanjuti oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten sampai ke tingkat bawah.

Roadshow PKKTim penggerak PKK Kabupaten Sumbawa, lanjut Hajja Amien, sangat mendukung upaya pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga melalui program keluarga berencana, dimana dalam rangkaian road show HKG PKK Provinsi NTB tahun 2017 disiapkan berbagai agenda kegiatan yang dipusatkan di Wisma Daerah. Seperti pelayanan KB bagi akseptor baru dengan menggunakan sarana mobil pelayanan KB menjaring 25 orang, melakukan pembinaan majelis taklim yang dilakukan Pokja I di Mushallah Wisma Daerah dengan peserta 110 orang, Pokja II melakukan pembinaan kelompok UP2K–PKK, yaitu UP2K–PKK Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes yang akan mewakili Provinsi NTB pada tingkat nasional, Pokja III melakukan pembinaan kelompok wanita, yaitu kegiatan Tanam Cabe Terintegrasi Unggas (Tancabgas). Kegiatan tersebut diikuti Kelompok Wanita Batu Nisung Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas, Kelompok wanita Kamboja Desa Moyo Kecamatan Moyo Hilir, Kelompok Wanita Cabe Rawit Desa Serading Kecamatan Moyo Hilir, Kelompok Wanita Kangkung Desa Berare Kecamatan Moyo Hilir, dan Kelompok Wanita Kempong Desa Mapin Rea Kecamatan Alas Barat. Selanjutnya Pokja IV melakukan pembinaan Desa Calon Peserta Lomba PHBS/LBS yang diwakili Desa Rhee Loka Kecamatan Rhee.

Baca Juga  Potensi Transaksi 200 Miliar Dolar, NTB Kembangkan Industri Busana Muslim

Roadshow PKK 1Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Muhammad Ikhsan M.Pd yang membacakan sambutan Bupati Sumbawa menyampaikan, gerakan PKK dalam setiap aktifitas dan geraknya melalui pembinaan dan pemberdayaan keluarga menjadi suluh keterlibatan yang bersifat strategis dalam membangun dan memperkuat kemitraaan, lebih-lebih dalam penggarapan bersama pembangunan keluarga. Keluarga sebagai institusi terkecil dan utama menjadi warna tatanan kehidupan keluarga kedepan. Dalam upaya mempertajam implementasi dari ekspektasi-ekspektasi tersebut, Kabupaten Sumbawa melakukannya dengan program-program inovatif daerah yang dijalankan secara holistik integratif, yaitu Posyandu, Pendidikan Anak Usia Dini dan Bina Keluarga Balita (Pospa-BKB), dan mulai membangun kampung KB di beberapa kecamatan yang diawali dengan pencanangan Kampung KB di Dusun Nisung, Desa Karang Dima, Kecamatan Labuhan Badas.

Peran PKK kedepan, lanjutnya, dipandang semakin strategis dalam dunia kemitraan untuk  menjawab kepemilikan dan kebersamaan program. Tantangan berat yang dihadapi kedepan dalam era globalisasi adalah laju pertumbuhan penduduk dan pengentasan kemiskinan, tentu ini semua menjadi simetris dengan program strategis nawacita 5, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui program revolusi mental. Momentum road show Hari Kesatuan Gerak PKK Provinsi NTB di Kabupaten Sumbawa menjadi wahana silaturrahim sekaligus memperkuat ketajaman dan revitalisasi program pembanguan keluarga sebagai program yang dibangun melalui kekuatan sinergisitas, holistik dan integrasi. Lebih dari itu, harapannya di berbagai program pembangunan pemerintah dan masyarakat baik provinsi, kabupaten, kecamatan maupun desa/kelurahan dapat terlaksana dengan baik dan mendapat dukungan lebih maksimal dari berbagai elemen masyarakat dan lembaga kemasyarakatan.

Baca Juga  PARFI Gelar Pemilihan Puteri Indonesia NTB

Wakil Ketua I TP PKK Provinsi NTB Hj. Syamsiah Amin mengatakan, Road Show PKK tersebut menyasar wanita usia subur agar mau melakukan pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang. Selain itu mendorong ibu rumah tangga melakukan budidaya cabe dengan membagikan bibit cabe. Upaya ini sebagai solusi untuk mengatasi persoalan tingginya harga cabe yang dikeluhkan ibu-ibu untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari–hari. “Semoga kehadiran kami memberi manfaat untuk kita semua,” pungkasnya. (JEN/SR)

iklan bapenda