Pelayanan SIM Keliling Disambut Antusias

oleh -27 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (22/02/2017)

Keengganan warga mengurus SIM untuk kelengkapan diri dalam berkendaraan karena jauhnya lokasi pengurusan. Hal ini sangat dirasakan masyarakat yang tinggal di kecamatan dan jauh dari pusat kota. Sebab selain mengeluarkan biaya pengurusan SIM, mereka juga harus mengeluarkan biaya transportasi, konsumsi dan akomodasi jika harus menginap. Belum lagi jika hasil tes, mereka dinyatakan tidak lulus dan harus balik seminggu kemudian. Kondisi ini menyebabkan mahal dan ribetnya mengurus SIM.

amdal

Hal tersebut menjadi perhatian Satlantas Polres Sumbawa. Karena itu digelar pelayanan SIM keliling. Untuk kali ini menyasar masyarakat di wilayah timur Sumbawa yang pelayanannya dipusatkan di Polsek Plampang, sejak Senin (20/2) kemarin. Keberadaan pelayanan SIM keliling ini tidak disia-siakan masyarakat. Tidak heran jika masyarakat membludak. Nurhayat—ibu rumah tangga asal Desa Sepayung Kecamatan Plampang menyampaikan terima kasih pihak Polres Sumbawa memahami kesulitan masyarakat khususnya di wilayah kecamatan dalam pengurusan SIM. Upaya SIM keliling dinilai langkah inovatif untuk memberikan kemudahan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.SIM Keliling

Pemeriksaan kesehatan dan pemotretan
Pemeriksaan kesehatan, pembayaran melalui bank BRI dan pemotretan SIM

Bambang Suparin–tokoh masyarakat Labangka mengungkapkan hal senada. Ia berharap pelayanan SIM Keliling ini bisa dilaksanakan setiap bulan. Dengan cara jemput bola seperti ini adalah langkah inovatif untuk menarik minat masyarakat dalam pengurusan SIM.

Sementara itu Ketua Tim Pelayanan SIM Keliling Satlantas Polres Sumbawa, Bripka Ari Wibowo mengatakan pelayanan ini dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. Selain efisien waktu juga biaya. “Jadi tidak perlu ke Sumbawa untuk mendapatkan SIM,” ucapnya.

Baca Juga  Bangun Jalan Samota, PU Dituding Serobot Lahan Warga

Terhadap permintaan masyarakat agar pelayanan ini dilakukan setiap bulan, Ari mengatakan bahwa mobil SIM Keliling ini milik Polda yang dijadwalkan dua minggu untuk setiap Polres. Kebetulan saat ini giliran Polres Sumbawa yang diarahkan untuk melayani masyarakat di wilayah bagian timur Sumbawa meliputi Kecamatan Tarano, Empang, Plampang, Labangka dan Maronge. “Untuk saat ini sudah 37 orang yang mendapat pelayanan SIM keliling ini,” pungkasnya. (BUR/SR)

iklan bapenda