Bupati Sumbawa Tegaskan Penuhi Hak-hak Anak

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (22/02/2017)

Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc meminta segenap jajaran pemerintahan dan pihak-pihak terkait agar dapat memenuhi hah-hak anak, termasuk dalam kepemilikan akta kelahiran. Penegasan itu disampaikan Bupati melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dr. H. Muhammad Ikhsan pada kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah, Pencatatan Nikah, dan Pencatatan Kelahiran di Desa Pukat Kecamatan Utan, Selasa (21/2).

amdal

Dijelaskannya, anak yang tidak memiliki akta kelahiran tidak tercatat dalam data kependudukan, tidak punya posisi hukum, dan status kewarganegaraan, serta tidak terlindungi keberadaannya. Karena itu, agar hak-hak anak tidak dirugikan, maka harus dibuatkan akta kelahiran, sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku. Bupati berharap capaian pembuatan akta kelahiran bisa meningkat dari 72 persen saat ini hingga 80 persen seperti rata–rata nasional.

Prosesi Isbath Nikah
Prosesi Isbath Nikah

Sementara itu, Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Besar, Drs. Sahlan SH MH menjelaskan, bahwa akta kelahiran tidak akan bisa diurus jika status perkawinan orang tuanya tidak jelas. Untuk membantu masyarakat yang sudah terlanjur menikah tanpa dokumen yang sah dilakukan itsbat nikah, agar mereka bisa memperoleh buku nikah, sebagai syarat mutlak untuk mengurus akta kelahiran anak-anaknya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) NTB, H. Sahan, SH mengemukakan, bahwa pihaknya bersama pemerintah dan lembaga-lembaga terkait terus berupaya memperjuangkan hak-hak anak, baik menyangkut administrasi kependudukan, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya. Pada kegiatan pelayanan terpadu itu berhasil dilakukan itsbat nikah bagi 18 pasang pengantin lama, serta pelayanan perekaman KTP dan administrasi kependudukan lainnya. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Ini Amanat Pangdam Udayana yang Disampaikan Kasatrem 162/WB di Upacara HUT RI