Jembatan Kembar dan Peruak Bawi Kembali Longsor

oleh -12 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (20/02/2017)

Ruas jalan Sumbawa—Lantung yang berada di Jembatan Kembar dan Peruak Ai Bawi, kembali longsor. Material batu dan tanah berlumpur yang berasal dari tebing sebelah kiri lajur Sumbawa-Lantung ambruk menghantam jembatan mengakibatkan deker bagian kiri dan kanan patah. Pergerakan tanah dan batu serta pohon terus terjadi yang diakibatkan curah hujan yang mengguyur Lantung sangat deras sejak pukul 14.48 hingga 16.59 Wita. Kondisi ini menyebabkan arus lalulintas dari dan ke Lantung terganggu.

amdal

Peruak BawiPeruak Bawi LongsorCamat Lantung, Drs. Iwan Sofian yang dihubungi Senin (20/2) sore, mengakui kondisi tersebut. Longsoran pertama yang terjadi pada minggu lalu telah dilakukan perbaikan atau normalisasi oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dibantu PT. Bunga Raya Lestari (BRL). Namun kini longsoran susulan terjadi lebih hebat lagi menyusul hujan lebat yang mengguyur Lantung. Perkiraan material longsoran sekitar kurang lebih 100-150 meter kubik.

Akibat lain dari hujan deras ini beberapa ruas jalan berpotensi ambruk. Menurut camat teladan ini, di beberapa bagian telah amblas, dan persis di tengah Paruak Ai Bawi berukuran lebih dari 4 meter persegi. Agar jalan bisa lewati, Camat mengaku menginisiasi beberapa perangkat desa dan masyarakat untuk bergotong royong membersihkan material dan menutupi beberapa ruas jalan yang amblas. Untuk sementara arus lalulintas sudah lancar, hanya jalannya yang menyempit karena di kiri dan kanan tanjakan terkikis akibat aliran air yang sudah tidak bisa melewati selokan karena tertutup longsoran.Peruak Bawi Longsor 2

Baca Juga  Hutan NTB Kritis, Gubernur Minta Dihijaukan Kembali

Jika curah hujan semakin meningkat, mantan Camat Alas Barat ini mengkhawatirkan tebing akan tetap longsor, dan di sebelah kananpun akan ikut longsor. Belum lagi semakin meluasnya lokasi amblas beberapa ruas jalan. “Kami harap ini segera disikapi, karena jika dibiarkan akan semakin parah,” pintanya. (JEN/SR)

iklan bapenda