Dam Aji Rusak, Ratusan Hektar Lahan Terancam Kering

oleh -0 views
Camat Unter Iwis, Hikmawan S.Sos., M.Si
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (20/02/2017)

Banjir bandang yang menerjang Sumbawa belum lama ini menyisakan keresahan para petani di Kecamatan Unter Iwis. Pasalnya, akibat bencana tersebut Dam Aji wilayah Orong Bako Desa Jorok, kecamatan setempat mengalami rusak berat. Rusaknya Reban Aji—sebutan Dam Aji, menyebabkan air mengalir tak terbendung di salah areal lahan persawahan sehingga terlihat bagaikan sungai. Parahnya air ini tidak bisa mengalir normal keluar karena pintu air untuk saluran utama tertutup material batu dan pasir yang menggunung. Keadaan ini mengancam terjadinya kekeringan pada ratusan hektar areal sawah yang tersebar di Kerekeh, Jorok, Sering, Nijang, Kerato, Samapuin, Karang Goreng, Lempeh, dan Olat Rarang. Dengan tidak adanya suplay air, areal persawahan ini terancam gagal tanam, bahkan ada sebagian yang bakal gagal panen.

amdal

Camat Unter Iwis, Hikmawan S.Sos M.Si yang dikonfirmasi SAMAWAREA kemarin, mengakui jika kondisi Reban Aji cukup parah. Untuk mengatasinya sangat sulit dilakukan secara manual menggunakan tenaga manusia melainkan dibutuhkan pengerahan alat berat. Meski demikian, masyarakat bersama sejumlah pemilik sawah akan melakukan gotong-royong, Selasa (21/2) besok, sambil menunggu bantuan alat berat dari pemerintah daerah.

Terkait kondisi itu, mantan Kasat Pol PP ini mengaku telah menyampaikannya pada Rakornis Penanganan Bencana di Wisma Daerah bersama pemerintah kabupaten agar Dinas PUPR mengirim alat berat berupa excavator. Selain itu meminta BPBD menyiapkan 1.000 lembar karung. “Kondisi Reban Aji ini harus segera ditanggulangi. Jika dibiarkan akan mengancam aktifitas petani,” demikian Hikmawan. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  TMMD Bedah Rumah dan Bangun MCK Berstandar Tinggi