Baru 2 SMP di KSB Terapkan Sistem UNBK

oleh -0 views
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sumbawa Barat, Drs Tajuddin M.Si
bankntb

SUMBAWA BARAT, SR (14/02/2017)

Masih banyak sekolah di Kabupaten Sumbawa Barat yang belum menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). UNBK adalah ujian nasional menggunakan komputer yang lengkapi perangkat lunak (Sofware) yang khusus dikembangkan untuk UN yang memiliki tingkat kesulitan yang sama dengan UN tertulis. Bedanya, UNBK lebih efektif dan efisien waktu dalam pelaksanaan UN. Untuk menerapkan UNBK ini, pihak sekolah dan pemerintah daerah harus mengupayakan memenuhi kebutuhan fasilitas pendukung berupa komputer.

amdal

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sumbawa Barat, Drs Tajuddin M.Si yang dihubungi SAMAWAREA, Selasa (14/2) menyebutkan bahwa KSB memiliki 28 SMP. Dari jumlah ini, dua di antaranya yang menerapkan UNBK yaitu SMPN 1 Taliwang dan SMPN 2 Seteluk. Tahun ini pihaknya menargetkan satu sekolah di satu kecamatan yang menggunakan system UNBK. Artinya tinggal 6 kecamatan lagi yang akan diusulkan pada tahun ini yaitu Poto Tano, Brang Rea, Barang Ene, Jereweh, Maluk, dan Sekongkang.

Sementara untuk sekolah lain, lanjut Tajuddin, masih dilakukan pemetaan lapangan guna menganalisa permasalaha masing-masing sekolah. “Kita akan kaji mana yang masalahnya yang ringan dan mana yang berat apabila kita menerapkan sistem UNBK,” katanya.

Upaya ini dilakukan agar pihaknya memiliki skala prioritas dalam penerapannya. Sekolah harus bisa memenuhi persyaratan seperti memiliki komputer minimal 20 unit, pasokan aliran listrik tersedia dan wajib ada jaringan internet. “Dari persyaratan ini kita bisa melihat berat dan ringannya permasalahan setiap sekolah. Apabila ringan segera dieksekusi, berkomunikasi dengan daerah dan sekolah. Jika berat, akan dipikirkan cara lain salah satunya meminta bantuan pemerintah pusat,” tandasnya. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Dialog Budaya, Dispopar Datangkan Aktor Slamet Rahardjo