Sekolah Terendam, Siswa SMPN 1 Moyo Utara Diliburkan

oleh -17 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (13/02/2017)

Pasca banjir bandang yang menerjang Kecamatan Moyo Utara, berdampak pada kegiatan belajar mengajar (KBM) SMP Negeri 1 Moyo Utara. Air dan lumpur yang masih bersemayam di seluruh ruang kelas, TU dan ruang kepala sekolah hingga Senin (13/2) tadi, membuat KBM lumpuh total. “Kegiatan belajar mengajak sudah tidak berjalan sejak Jum’at (10/2) lalu,” kata Kepala sekolah setempat, Drs Suherman.

Meski sudah beberapa kali dilanda banjir, namun kali ini dianggap Herman—sapaan akrabnya, yang paling parah. Bayangkan air di semua ruangan setinggi dada orang dewasa. Selain merendam ruangan, air akibat luapan sungai dan hujan yang terus mengguyur itu merobohkan tembok samping sekolah sepanjang 50 meter. Sebagian besar meja dan kursi siswa tidak bisa digunakan lagi.

Untuk membersihkan genangan air dan lumpur di sekolahnya, membutuhkan waktu beberapa hari ke depan. Pasalnya air banjir yang berada di pemukiman penduduk bermuara di lingkungan sekolah. Saluran irigasi yang tidak begitu baik, menjadi salah satu pemicunya. Pihaknya harus mempercepat pembersihan mengingat saat ini sedang persiapan ujian.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Ir Irin Wahyu Indarni yang ditemui terpisah mengatakan, fasilitas di SMP Negeri 1 Moyo Utara yang rusak akibat banjir menjadi prioritas untuk pengadaan pengganti. Pihaknya memaklumi jika proses KBM di sekolah tersebut belum dapat dilaksanakan dan siswanya diliburkan. “Kami maklum siswa diliburkan sampai kondisi membaik,” ujar mantan Sekdis Sosial Sumbawa ini seraya mengiyakan harus dilakukan kajian terhadap sekolah yang langganan banjir untuk direlokasi atau tidak. (JEN/SR)

 

iklan bapenda
Baca Juga  XL Donasikan Akses Internet Cepat untuk Pendidikan di 50 Sekolah