Sekda Bantah Bendungan Batu Bulan dan Mamak Jebol

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (12/02/2017)

Bendungan Batu Bulan (BBB) di Kecamatan Moyo Hulu dan Bendungan Mamak di Kecamatan Lopok, diisukan jebol, Sabtu (11/2) kemarin. Isu tak sedap ini membuat panik warga yang berada di daerah Lape, Lopok, Moyo Hilir, Moyo Utara, Moyo Hulu dan sekitarnya. Sebab mereka khawatir daerahnya akan terendam. Isu ini merebak terutama melalui media social.

amdal

Namun isu itu dibantah keras Sekda Sumbawa, Drs. H. Rasyidi yang ditemui usai rapat evaluasi musibah banjir Sumbawa di kantor Bupati, Sabtu malam. Menurut Sekda, kondisi terkini dua bendungan itu aman. Memang diakui Sekda, pintu air bendungan tersebut sempat dibuka selama beberapa jam untuk pengurangan air karena dikhawatirkan akan meninggi melebihi ambang batas bendungan. Sesaat kemudian ditutup kembali menyusul debit air berangsur normal atau stabil. “Ini langsung dari sumber yang bertanggung jawab, dan Kepala BWS Nusa Tenggara langsung turun ke lokasi. Upaya pengurangan air bendungan ini sebagai langkah antisipasi agar airnya tidak melimpah,” kata Sekda.

Karenanya Sekda menghimbau masyarakat untuk tidak resah. Khabar jebolnya bendungan adalah isapan jempol belaka. “Kami harap masyarakat tetap tenang, air bendungan normal. Manakala kembali terjadi peningkatan air, tidak perlu dikhawatirkan karena petugas tekhnisnya tetap standby di lokasi,” pungkas Sekda. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Kerusakan Jalan Batudulang-Punik Segera Diperbaiki