Bupati Dompu Salurkan Bantuan untuk Sumbawa

oleh -0 views
Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc menerima bantuan dari Bupati Dompu Drs. H. Bambang Yasin B.Sc
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (12/02/2017)

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang Yasin beserta jajarannya menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Sumbawa. Bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian pemerintah Dompu terhadap daerah tetangganya yang tertimpa musibah. Kehadiran Bupati Dompu didampingi Ketua TP PKK, Dandim dan Wakapolres Dompu, Minggu (12/2) siang tadi, disambut hangat Bupati HM Husni Djibril B.Sc dan Wakil Bupati Sumbawa, Drs. Mahmud Abdullah. Selain menyerahkan bantuan, Bupati Dompu beserta rombongan berkesempatan untuk menemui sejumlah korban banjir di Posko pengungsian, termasuk melihat dari dekat kondisi pasca banjir.

amdal

Bambang—akrab Bupati Dompu disapa, mengatakan pemerintah dan masyarakat Dompu prihatin dan sangat peduli dengan musibah banjir yang menerjang Sumbawa. Rasa ini mendorong pihaknya untuk menghimpun bantuan untuk didistribusikan dalam rangka meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah. “Kami membawa sedikit bantuan. Kami baru menyiapkan bantuan ini tadi malam karena kami berpikir hanya terjadi di beberapa titik. Ternyata dari pemberitaan yang kami baca kondisinya sangat serius. Karena itu saya datang langsung membawa rombongan dan sedikit bantuan. Insya Allah berikutnya kami akan memobilisasi bantuan yang lebih besar lagi, dan kami pemerintah Sumbawa tidak sungkan untuk menyampaikan bantuan apa yang relevan dengan kebutuhan masyarakat terdampak ini,” kata Bambang.

Bupati Dompu Drs. H. Bambang Yasin dan rombongan disambut Wabup Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah
Bupati Dompu Drs. H. Bambang Yasin dan rombongan disambut Wabup Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah

Dikatakan Bupati dua periode ini, musibah sudah terjadi, dan tidak perlu ada yang saling menyalahkan. Semua ini harus diterima sebagai ujian dari Allah dengan menunjukan sikap sabar dan tabah. Karenanya Ia meminta pemerintah dan masyarakat Sumbawa harus tetap semangat menghadapi ujian, karena di balik semua itu ada hikmah yang tersembunyi. Tentu hikmah yang diharapkan jauh lebih baik dari apa yang dirasakan pada hari ini.

Baca Juga  Wilgo Zainar: Dana Desa adalah Amanat Konstitusi

Di bagian lain Bupati Dompu menyatakan rasa syukur karena dalam tiga tahun terakhir tidak tertimpa musibah banjir. Upaya antisipasi sudah dilakukan dengan menormalisasi sungai sehingga daya tampung air dari Bima dan sekitarnya dapat teratasi.

Sementara Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat Dompu atas kepedulianya atas musibah yang menimpa Sumbawa. Bantuan yang diberikan ini sebagai upaya menjaga silaturahim dan saling membantu antar daerah bertetangga. “Ini semua atas ijin Allah, karena semua merasakan bagaimana beratnya ujian yang Allah berikan,” ucap Haji Husni lirih.

Di bagian lain Bupati melaporkan, 10 dari 24 kecamatan diterjang banjir. Yaitu Tarano, Empang, Plampang, Maronge, Lape, Lopok, Moyo Hilir, Moyo Utara, Sumbawa, Kecamatan Badas, Utan dan Buer. Kerugian materil yang diderita cukup banyak baik rumah tangga maupun persawahan yang terendam air. Namun yang patut disyukuri tidak ada korban jiwa. Selain itu tercatat korban terdampak banjir mencapai 21.602 jiwa dari 5.509 kepala keluarga. “Semoga ini musibah yang terakhir kalinya,” pinta Bupati. (JEN/SR)

iklan bapenda