Banjir Susulan, Warga Bantaran Sungai Mengungsi

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (09/02/2017)

Masyarakat Kota Sumbawa terutama yang tinggal di sekitar bantaran sungai kembali panik. Mereka yang sempat mengungsi dan kembali ke rumahnya pasca banjir Selasa (7/2) malam, harus menyelamatkan diri karena banjir susulan terjadi Kamis (9/2) dinihari sekitar pukul 03.00 Wita. Luapan air sungai kembali merendam sejumlah rumah.

Memang banjir kali ini tidak membuat warga terlalu sibuk seperti banjir sebelumnya. Sebab warga khususnya di Karang Bage Kelurahan Bugis sejak malam memiliki tim Siskamling sungai yang memantau sungai di malam hari. Ketika ada tanda-tanda meluap, warga langsung dibangunkan. Tapi warga sebenarnya sudah siaga sejak malam dengan menaikkan barang-barang berkapasitas ringan ke atas loteng yang dibuat khusus. Sedangkan barang-barang besar dan berat sudah diungsikan ke rumah keluarga atau tetangga yang rumahnya berada jauh dari jangkauan banjir. Ada juga yang sampai sekarang masih mengungsi di rumah keluarga dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Ketua Tagana Dedi Susanto memimpin anggota membagikan makanan cepat saji kepada korban banjir
Ketua Tagana Dedi Susanto memimpin anggota membagikan makanan cepat saji kepada korban banjir

Pagi ini warga kembali disibukkan dengan pembersihan lumpur yang mengendap di dalam rumah karena tergerus air. Untuk menangani warga terdampak banjir, Taruna Siaga Bencana (Tagana) sudah mendirikan dapur umum. Sejak kemarin telah membagikan nasi bungkus dan air mineral sebagai makanan cepat saji yang sangat dibutuhkan para korban banjir. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Lindungi Karyawan dan Investasi, Pemda KSB Keluarkan Surat Edaran