Longsor, Akses Semongkat—Batu Dulang Lumpuh

oleh -7 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (08/02/2017)

Desa Batu Dulang Kecamatan Batu Lanteh nyaris terisolir. Hal ini disebabkan bencana tanah longsor di sepanjang jalan antara Desa Semongkat dan Batu Dulang, Rabu (8/2). Akses jalan tersebut seketika putus dan kondisi ini berlangsung selama beberapa jam. Longsor itu terjadi di 7 titik yang titik pertamanya sekitar 100 meter dari Pos Wisata Semongkat hingga menutupi sebagian badan jalan. Titik terparah di pertengahan jalan antara Semongkat-Batu Dulang, longsor mengikis hingga bagian bawah jalan aspal.

amdal

Longsor di beberapa titik ini tidak hanya menutup badan jalan tapi menyebabkan sejumlah pohon berukuran besar tumbang. Untuk mengatasi hal ini, warga Desa Semongkat dan Klungkung bersama aparat Polsek Batu Lanteh membersihkan jalan agar bisa kembali diakses dan lalulintas menjadi lancar.

Longsor Batu lanteh 1

Kepala Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (KSPKT) Polsek Batu Lanteh, Aiptu M Ibnu Hajar yang ditemui di TKP menyebutkan longsort terjadi sekitar pukul 10.00 Wita yang mengakibatkan jalan menuju Batu Dulang tidak bisa diakses selama tiga jam. “Kini sudah bisa teratasi dan sudah bisa dilalui, setelah kami bersama masyarakat bergotong-royong,” ucapnya.

Manggi, salah seorang warga setempat menambahkan, sementara ini hanya kendaraan roda dua yang bisa melintas, sedangkan roda empat, harus dibuatkan jalan baru. Sebab di sejumlah titik, tanah di bawah jalan aspal sudah tergerus akibat longsor. ‘’Aspalnya ada, tapi tanah di bawah aspal sudah tidak ada. Ini sangat rawan,” ujarnya. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  PT Corbi Resmi Berinvestasi di KSB, Bangun Pembangkit Listrik 11 MW