Tingkatkan Kualitas Peserta STQ, LPTQ Disegarkan

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (06/02/2017)

Memantapkan pelaksanaan pembinaan dan pengembangan Tilawatil Qur’an di Kabupaten Sumbawa, menjadi salah satu ikhtiar pemerintah daerah melalui Bagian Pemerintahan menggelar Penyegaran LPTQ  dan Sosialisasi Ketentuan Pokok Peserta MTQ tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2017. Kegiatan tersebut digelar di aula lantai 3 kantor Bupati Sumbawa pada Senin (6/02/2017).

Dalam laporannya, Kepala Bagian Pemerintahan, Sahabuddin, S.Sos.,M.Si mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan menyatukan visi dan misi para pengurus LPTQ Kabupaten Sumbawa, serta membentuk pengurus baru LPTQ masa bhakti 2017–2022. Kegiatan ini juga diikuti pengurus lama LPTQ, para camat, Kepala KUA se-Kabupaten Sumbawa, tokoh agama, dan lainnya.

LPTQ Sumbawa

Sementara Sekda Sumbawa, Drs. H. Rasyidi dalam sambutan mengatakan, di tengah derasnya dinamika global yang multi perubahan, nilai-nilai kearifan lokal harus terus dilestarikan. “Sebab adat bersendikan sara’, sara bersendikan kitabullah” tidak saja menjadi falsafah pegangan hidup masyarakat Sumbawa, melainkan dapat diaplikasikan menjadi penguatan dalam merajut hubungan sosial multikulturisme yang kuat dan kokoh di tengah kemajemukan masyarakat Sumbawa.

Keberadaan LPTQ dapat menjadi sarana yang sangat potensial untuk melakukan syiar Islam, melalui pembinaan mental dan spiritual umat. LPTQ bukan sekedar wadah pengembangan Tilawatil Qur’an, tetapi diarahkan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan dakwah. “Untuk merevitalisasi tugas dan fungsi dari LPTQ Kabupaten Sumbawa, maka saya memandang perlu dilakukan penyegaran kembali dalam lembaga ini sehingga mampu membangun konsolidasi organisasi LPTQ agar ke depan bisa lebih baik lagi, baik itu yang berkaitan dengan kelembagaan, program kerja serta kiprah LPTQ di sektor pengembangan baca tulis Al-Qur’an di Kabupaten Sumbawa,” ujarnya.

Baca Juga  Mentan Puji Kiprah Gubernur NTB Jadi Trending Topik di Medsos dan Media Online

Selaku pimpinan daerah, Sekda menyampaikan terima kasih atas berbagai upaya yang telah dilakukan LPTQ selama ini dalam membina umat muslim Kabupaten Sumbawa. Ia berharap di masa mendatang LPTQ lembaga yang bertanggung jawab dalam peningkatan kualitas peserta MTQ/STQ Tana Samawa, dapat terus melakukan terobosan bagi peningkatan kualitas para Qari’ dan Qari’ah yang menjadi peserta MTQ/STQ di berbagai tingkatan agar mampu tampil maksimal dan bisa meraih prestasi yang optimal. “Mengingat daerah kita memiliki cukup banyak qori qori’ah yang mampu bersaing dengan daerah lain, saya berharap LPTQ dapat terus melakukan pembibitan dan pembinaan serta terus melakukan pelatihan rutin kepada para Qori Qori’ah, Hafizd Hafidzah yang potensial. Hal ini penting agar bakat dan kemampuan mereka dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan menuju level yang lebih matang lagi,” tutup Haji Rasyidi. (JEN/SR)

iklan bapenda