Pemda KSB Gelontorkan 10 M untuk PDPGR Peternakan

oleh -0 views
Kabid Peternakan Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan, Kusmirin S.ST
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (06/02/2017)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat telah menggelontorkan dana Rp 10 milyar untuk pelaksanaan Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) di bidang peternakan Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan.

Ditemui SAMAWAREA, Senin (6/2) Kabid Peternakan Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan, Kusmirin S.ST menyebutkan dana Rp 10 milyar ini diasumsikan menjadi 900 ekor sapi, 20 kerbau, 25 kuda, 360 kambing, 2.000 bebek, dan 4.000 ekor ayam kampung. Mekanisme pembagiannya sudah tidak menggunakan kelompok seperti sebelumnya melainkan secara individu. Hal ini dilakukan agar dia lebih bertanggung jawab atas bantuan yang diberikan sebagaimana instruksi bupati yang sudah berpengalaman. “Kalau menggunakan kelompok rasa tanggung jawab masing-masing individu masih kurang sehingga tidak sedikit kelompok yang tidak berhasil,” tukasnya.

Untuk memudahkan pengawasan, bimbingan dan pengarahan, ungkap Kusmirin, setiap penerima bantuan dinas akan mengorganisir penerima bantuan agar program tersebut bisa berjalan dengan baik. Harapannya, masyarakat penerima bantuan bisa mandiri secara ekonomi, dan keluar dari kemiskinan.

Disinggung jumlah calon penerima bantuan, Kusmirin menyebutkan sekitar 7.900 orang. Namun yang bisa dipenuhi pada Tahun 2017 ini hanya sekitar 1.500 orang. Karenanya, data yang diterima akan diverifikasi lagi untuk menentukan siapa yang layak mendapatkannya dengan kriteria miskin. Jika dalam verifikasi terdapat angka lebih besar dari jumlah bantuan yang ada, maka akan direalisasikan pada tahun berikutnya. “Pastinya hasil verifikasi tahun ini akan menjadi database untuk menjadi acuan penerima bantuan berikutnya,” demikian Kusmirin. (HEN/SR)

 

iklan bapenda
Baca Juga  Jalan Lantung-Ropang dan Batu Lanteh Jadi Prioritas 2020