Mantap !! Pelajar SMPN 1 Sumbawa Finalis ISPO 2017

oleh -0 views
Kepala SMPN 1 Sumbawa, Sri Irianti S.Pd M.Pd diapit Syarifah Fatimah Nissatuljannah dan Muhammad Farid Andika, dua Finalis ISPO 2017
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (02/02/2017)

Syarifah Fatimah Nissatuljannah dan Muhammad Farid Andika, menorehkan prestasi membanggakan. Dua siswa SMP Negeri 1 Sumbawa yang duduk di kelas IX 7 dan IX 4 ini berhasil menjadi finalis Indonesian Science Project Olympiade (ISPO) 2017 untuk Bidang Lingkungan. Keduanya akan diterbangkan ke Tangerang Selatan untuk mengikuti tahapan presentasi sekaligus pameran hasil penelitian yang diselenggarakan tanggal 24—26 Februari mendatang. Keikutsertaan tim berawal dari proposal penelitian dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) yang dikirim beberapa waktu lalu. Proposal yang bertemakan Agree Board (Agro Residue Eco-Board) itu sukses bersaing dengan 1.300 proposal penelitian se Indonesia. “Ada 1.300 proposal dari seluruh Indonesia yang dikirim. Yang lolos hanya 130 saja. Kalau SMP hanya 5, sisanya semua SMA,” ungkap guru pembimbing, Aryanti Dwiyani, S.Pt, M.Pd, Kamis (2/2).

amdal

Jika di-Indonesia-kan, Agree Board (Agro Residue Eco-Board) berarti papan semen partikel limbah pertanian ramah lingkungan. Papan tersebut terbuat dari bahan baku sekam padi dan limbah jagung.

Salah satu finalis, Syarifah Fatimah Nissatuljannah mengaku, risetnya itu terinspirasi dari program pemerintah. Sumbawa sebagai lumbung padi dan jagung dinilainya sangat positif. Namun dipandang perlu adanya pengetahuan lain yaitu tentang tata cara mengolah limbah padi dan jagung itu agar menjadi barang bermanfaat. Bukan sebaliknya justru menjadi sampah. “Alhamdulillah hasil penelitian ini lolos ujilab di UNRAM,” ujarnya.

Baca Juga  Haji Surya: Lakukan Seleksi LCC Secara Obyektif !!

Awalnya dia tak menyangka jika proposalnya bakal lolos. Pengumuman online pada tanggal 23 Januari 2017 lalu, membuatnya kaget. Nama SMPN 1 Sumbawa sukses menjadi salah satu dari 130 sekolah se Indonesia yang masuk sebagai finalis. “Tentu kami sangat bangga. Semoga nanti bisa juara,” harap mantan juara LPSN tingkat nasional ini.

Sementara itu kepala sekolah setempat, Sri Irianti, S.Pd, M.Pd, mengaku bangga atas keberhasilan anak didiknya yang mampu bersaing dengan mayoritas pelajar pendidikan menengah perwakilan dari berbagai provinsi di Indonesia. Ia berharap pretasi di Bidang Lingkungan ini tidak berakhir sampai di sini, tapi sukses sebagai juara nasional. “Semoga ini bisa menjadi motivasi buat adik-adik kelasnya,” ujarnya. (JEN/SR)

SMPN 1 HUT SUMBAWA

iklan bapenda