BOS 2017 Disosialisasikan, Triwulan I Cair Februari

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (02/02/2017)

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2017 mulai disosialisasikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa. Sosialisasi yang dilaksanakan di seluruh kecamatan ini sudah sejak 24 Januari lalu dan akan berakhir 6 Februari mendatang. Kecamatan yang sudah disambangi tim sosialisasi di antaranya, Kecamatan Alas, Alas Barat, Utan, Rhee, Moyo Hulu, Moyo Hilir, Moyo Utara, Orong Telu dan Lenangguar. Sosialisasi dipusatkan di masing-masing UPT SD dan PAUD dengan peserta kepala SD, SMP dan bendahara BOS.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Ir. Irin Wahyu Indarni, mengatakan materi sosialisasi meliputi sejumlah perubahan dalam juklak-juknis BOS, seperti persentase alokasi per triwulannya. Dana BOS yang dialokasikan untuk tahun 2017 sebut mantan Sekdis Sosial ini, jumlahnya bervariasi. Pada triwulan pertama periode Januari, Februari dan Maret, dialokasikan sebesar 20%. Triwulan II periode April, Mei dan Juni 40%. Di periode ini, setengah atau 20% dari dana diharuskan untuk membeli buku referensi yang jenis bukunya sudah ditentukan di Juknis. Pembeliannya harus menggunakan sistem E-Katalog. “Juklak juknis ini kami harap dibaca secara teliti,” kata Irin didampingi Kasubag Penyelanggaraan Tugas Perbantuan Dikbud Kabupaten Sumbawa, Muhammad Husnul Alwan S.Ag.

Sosialisasi BOS

Sedangkan pencairan triwulan III periode Juli, Agustus, September dan triwulan IV Oktober, November, Desember besarannya sama yakni masing-masing 20%. “Besarnya dana BOS yang diterima siswa sama dengan dan BOS 2016 lalu yaitu Rp 800.00 per siswa per tahun untuk SD dan SMP Rp 1 juta/per siswa per tahun,” ungkapnya.

Baca Juga  Ironi Pendidikan di Sumbawa pada Masa Pandemi: Antara Si Miskin dan Si Kaya  

Selain mensosialisasikan alokasi BOS, Dinas Dikbud juga mensosialisasikan sistem pelaporan penggunaan BOS. Laporan penggunaan BOS ini mesti dilaporkan setiap triwulan atau paling telat 10 hari setelah berakhirnya bulan ketiga setiap periode pencairan. Bagi sekolah yang laporannya terlambat dapat menjadi pertimbangan untuk proses pencairan BOS triwulan berikutnya, bahkan tidak dicairkan.

BOS Triwulan I Cair Februari 2017

Untuk diketahui, pencairan BOS triwulan I tahun 2017 akan dilakukan awal Februari. Saat ini sedang penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah (NPH) oleh Dikbud Kabupaten Sumbawa, bersama Pemerintah Provinsi NTB. Dasar pencairannya yakni Dapodik Dasmen tertanggal 15 Desember 2016. Mengingat waktunya sudah dekat, sekolah yang mengalami perubahan administrasi seperti nomor rekening, harus segera diselesaikan. Dia berharap, dana BOS bisa digunakan dengan baik sesuai dengan juklak dan juknis BOS 2017. (JEN/SR)

 

iklan bapenda