BAZNAS KSB Belum Capai Target 100 Juta/Bulan

oleh -0 views
Ketua BAZNAS KSB Ust Jafar Yusuf, S.Sos
bankntb

SUMBAWA BARAT, SR (01/02/2017)

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumbawa Barat menargetkan Rp 100 juta per bulan untuk zakat di lingkup ASN. Sayangnya target itu belum bisa dipenuhi di awal tahun Bulan Januari 2017 ini.

amdal

Ditemui SAMAWAREA, Ketua BAZNAS KSB, Ust. Jafar Yusuf, S.Sos mengatakan awal tahun ini BAZNAS belum bisa memenuhi target Rp 100 juta perbulan untuk ASN di lingkup SKPD beserta UPTD lainnya di Kabupaten Sumbawa Barat. Target tersebut meleset dan hanya mampu mengumpulkan Rp 85 juta rupiah pada Januari ini. Jumlah itu hasil pengumpulan dana 60 persen dari SKPD, UPTD dan unit-unit lainnya. Sedangkan sisanya 40 persen diasumsikan belum bisa diserap secara maksimal. Salah satu faktornya, adalah mutasi yang digelar beberapa waktu lalu. Banyak bendahara yang dimutasi dan bendahara pengganti belum mengetahui kerjasama antara BAZNAS Sumbawa Barat dengan instansi terkait. “Untuk pengumpulan zakat lingkup ASN ke depannya, saat ini kami akan melakukan koordinasi kembali dengan bendahara yang baru sekaligus mensosialisasikan mekanisme kerjanya,” kata Ustadz Jafar.

Sementara untuk zakat, infaq dan shadaqah di luar ASN seperti zakat perusahaan, pertanian dan peternakan, BAZNAS KSB masih menunggu terbentuk peraturan daerah (Perda) sebagai payung hukum. Pasalnya, zakat adalah kewajiban terutama bagi kaum muslimin untuk menyucikan harta bendanya. Selain itu intervensi pemerintah KSB guna membangun kesadaran masyarakat untuk berzakat. Bupati akan mengadakan Jumat Berinfaq bagi seluruh siswa-siswi sekolah se KSB yang dilaksanakan 17 Februari 2017 mendatang. Ini dilakukan untuk membiasakan para generasi penerus sejak dini agar lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Baca Juga  Obel Obel Diterjang Banjir, Tim Siaga Brimob Turun Tangan

Untuk diketahui, Pemda KSB telah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Sumbawa Barat No. 08 Tahun 2016 tentang Zakat. Dalam perbup tersebut dijelaskan, pendapatan seluruh ASN atau PNS di lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dipotong sebesar 2,5 persen gaji setiap bulannya untuk zakat dan dikelola oleh BAZNAS KSB. Mekanismenya, seluruh gaji ASN dipotong langsung oleh bendahara SKPD, UPTD dan unit-unit lainnya sesuai dengan pembagian yang sudah di tentukan. Selanjutnya staf BAZNAS mengambil bukti setor bendahara beserta nama pegawai yang telah dipotong gaji dari tanggal 1–5 yang kemudian ditransfer ke rekening Baznas melalui Bank Syariah NTB dan Bank Muamalat. (HEN/SR)

iklan bapenda