BAZNAS Dorong Gerakan Sumbawa Bershadaqah

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (01/02/2O17)

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumbawa mensosialisasikan Gerakan Sumbawa Bershadaqah Menuju Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat. Kegiatan yang dilaksanakan di lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (31/1) kemarin, diharapkan dapat memaksimalkan pengumpulkan zakat, infaq dan shadaqah (ZIS).

amdal

Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril B.Sc melihat pengurus BAZNAS adalah sosok yang bersemangat untuk senantiasa berjuang demi umat, yang menjadikan lembaga ini sebagai bagian dari perjuangan dan penegakan syariat Islam. Islam mengakui adanya perbedaan pemilikan berdasarkan perbedaan kemampuan dan kekuatan yang dimiliki manusia. Namun Islam tidak menghendaki adanya jurang perbedaan yang semakin lebar, sebaliknya mengatur agar perbedaan yang ada mengantarkan masyarakat dalam kehidupan yang harmonis. Yang kaya membantu yang miskin dari segi harta, yang miskin membantu yang kaya dari segi lainnya. Karena itu Ia mengharapkan, pengumpulan ZIS memberi manfaat bagi kemaslahatan ummat.

Baznas Gerakan 1

Perintah zakat dalam Islam ungkap Bupati, bukan sekedar membantu para kaum mustadhafin melainkan bertujuan agar manusia lebih tinggi nilainya dari harta benda, bukan budak atas harta yang dimilikinya. Dengan demikian kepentingan terhadap pemberi sama dengan penerima. Konsep ini mendudukkan si kaya dan miskin dalam posisi yang sama. “Tidak ada yang lebih istimewa di antara mereka. Si miskin dengan kebaikan para aghniya bekerja keras untuk memperbaiki kualitas hidup dan keluarganya, sedangkan si kaya dengan zakatnya dibersihkan jiwanya dari sifat kikir, rakus dan kesombongan,” ucapnya.

Baca Juga  Main Jaran, 200 Ekor Kuda Perebutkan 10 Ekor Sapi

Untuk membangun kesadaran bahwa harta yang dimiliki adalah titipan Allah SWT yang akan dipertanggungjawabkannya di akhirat kelak, Bupati menghimbau senantiasa mengeluarkan zakat jika diberikan kelebihan rizki. Agar penyaluran ZIS terarah, Bupati meminta untuk memanfaatkan BAZNAS sebagai salah satu lembaga yang ditugaskan untuk mengelola zakat. (JEN/SR)

 

iklan bapenda