Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa Dikukuhkan

oleh -5 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (31/01/2017)

Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa resmi dikukuhkan Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril.,B.Sc Selasa (31/01/2017) di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa. Dewan Pendidikan ini berisi 11 orang yaitu M. Dahlan Yasin (Ketua), Jamhur Husain, Aries Zulkarnaen, Supriyadi, Sri Rahayu, Umar, Muhammad Nurjaman, Syaifuddin, Saidatul Kamila, Reza Fahmi Anshary, dan Nurdin.

amdal

Bupati Sumbawa dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan ucapan selamat kepada segenap pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa periode 2017-2022 yang telah dikukuhkan. “Semoga dengan kebersamaan dan kekompakan kita dapat memajukan dunia pendidikan di daerah ini dalam upaya bersama meningkatkan kualitas SDM Tana Samawa,” ungkapnya.

Proses kelahiran dewan pendidikan dan komite sekolah dilatarbelakangi adanya Kepmendiknas No. 044/u/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Pendidikan termasuk urusan yang diserahkan kepada pemerintah daerah kabupaten/kota. Untuk melaksanakan urusan dalam bidang pendidikan tersebut, komponen masyarakat harus diajak bicara, dan ikut dilibatkan, mulai dari memberikan masukan dalam perencanaan dan pengawasan serta penilaian program pendidikan. Itulah sebabnya dalam pelaksanaan urusan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, termasuk Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota harus melibatkan komponen masyarakat sebagai mitra kerjasama. Termasuk satuan pendidikan, kepala sekolah menjalin hubungan yang sama. Dewan pendidikan merupakan badan yang bersifat mandiri, tidak mempunyai hubungan hierarkis dengan dinas pendidikan kabupaten/kota maupun dengan lembaga-lembaga pemerintah lainnya. Sesuai dengan konsep desentralisasi pendidikan, masyarakat dianggap sebagai pihak yang paling menentukan terhadap pelaksanaan dan penyelenggaraan sistem pendidikan, khususnya sistem pendidikan dasar dan menengah di setiap daerah. Masyarakat adalah sumber inspirasi, inovasi, dan motivasi, serta sasaran yang harus dicapai dari sistem pendidikan yang bermutu di daerah. Dengan demikian, masyarakat adalah stakeholder dari sistem pendidikan dasar dan menengah, atau pihak yang paling menentukan terhadap sistem dan proses pendidikan di daerah. “Selamat bertugas mengemban amanah yang mulia ini, memajukan dunia pendidikan kita di daerah, sebagai implementasi tanggung jawab dan peran serta aktif kita seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sumbawa dalam penyelenggaraan pendidikan yang bermutu,” demikian Bupati Sumbawa. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Dikpora NTB Sosialisasi US di Sumbawa