Banjir Sumbawa, BPBD NTB Turunkan Tim dan Salurkan Bantuan

oleh -1 views
Pasukan Tagana Sumbawa sedang melakukan pendataan
bankntb

MATARAM, SR (29/01/2017)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sangat responsive. Begitu menerima laporan banjir bandang menerjang tiga kecamatan di Kabupaten Sumbawa, Minggu (29/1) sore tadi, langsung mengambil tindakan dengan mengirim tim dan menyalurkan bantuan. “Malam ini kami turunkan tim dan satu truk logistik,” ujar Kepala Pelaksana BPBD NTB, H Mohammad Rum kepada SAMAWAREA, Minggu (29/1).

amdal

Bantuan logistik ini meliputi tambahan gizi 60 paket, lauk pauk 120 paket, selimut 25 lembar, kids ware 26 paket, family kit 50 paket, kesehatan keluarga 15 paket, sandang 15 paket, terpal 10 lembar dan matras 30 lembar. Ditambah lagi dengan air mineral 300 duz.

Koordinator Tagana Sumbawa, Dedi Susanto memimpin pasukan ke lokasi banjir
Koordinator Tagana Sumbawa, Dedi Susanto memimpin pasukan ke lokasi banjir

Banjir di Sumbawa, terang H Rum sapaan akrabnya, terjadi di tiga titik yakni Kecamatan Sumbawa, Unter Iwis dan Labuhan Badas dengan ketinggian air mencapai 50 hingga 75 centimeter. Sedangkan hujan dimulai pada pukul 15.00 Wita hari ini.

Akibat banjir ini lanjutnya, untuk di Kecamatan Labuhan Badas sekitar 80 jiwa mengungsi di Masjid Al-Falah serta 30 jiwa lainnya di Masjid Kompi. Bahkan, dikabarkan hingga kini di Sumbawa masih dilanda hujan. “Seperti inilah laporan yang kami terima dari pihak BPBD Kabupaten Sumbawa. Mengenai hal lainnya masih kami komunikasikan lebih lanjut,” tutur H Rum.

Tagana Sumbawa sedang mendata para pengungsi di Masjid Al Falah, Krang Dima Kecamatan Badas
Tagana Sumbawa sedang mendata para pengungsi di Masjid Al Falah, Krang Dima Kecamatan Badas

Menurut H Rum, tim yang diterjunkan tersebut akan bertugas melakukan pendataan kerusakan dan jumlah pengungsi akibat banjir ini. Tim akan ditempatkan di Sumbawa, tergantung perkembangan di lapangan. “Kita tunggu saja perkembangannya. Yang pasti, tim yang diturunkan ini bertugas melakukan pendataan serta pemantauan langsung di lapangan, untuk di informasikan kepada BPBD NTB secara intens,” demikian H M Rum.

Baca Juga  Aktivis Desak Elit KSB Sikapi Soal Scrap PTNNT

Sementara itu Tim Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Sumbawa sejak air meluap sudah berada di lokasi. Rencananya Tagana akan membangun dapur umum untuk menangani korban banjir terutama yang mengungsi di Masjid Al Falah dan Masjid Kompi. “Sekarang kami sedang melakukan pendataan, sekaligus menyisir lokasi,” ucap Dedi Susanto, Komandan Tagana Sumbawa. (NA/SR)

iklan bapenda