Bagi Tips Masuk PTN, GGS Gelar Seminar dan Expo

oleh -14 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (29/01/2017)

Ratusan pelajar SMA di Kota Sumbawa dan sekitarnya sangat antusias mengikuti Seminar dan Expo yang digelar Gerakan Generasi Samawa (GGS) di Gedung Wanita Sumbawa, Minggu (29/1). Dari seminar dan expo ini, para pelajar mendapat wawasan dan pemahaman secara detail mengenai cara jitu masuk ke perguruan tinggi negeri dan ternama melalui tiga jalur. Selain itu melalui kegiatan bertemakan “Dari Kita untuk Sumbawa” ini, para pelajar juga dapat mengetahui dengan cara mudah mendapatkan beasiswa ketika mereka sudah tercatat sebagai mahasiswa di peguruan tinggi tujuan.

Seminar GGS

Koordinator Pelaksana, Aqsha Prahitna yang ditemui SAMAWAREA mengatakan, seminar dan expo ini merupakan kegiatan rutin tahunan GGS dan saat ini sudah yang ketiga kalinya sejak Tahun 2015 lalu. GGS adalah wadah mahasiswa asal Sumbawa tergabung dari perguruan tinggi seluruh Indonesia yang peduli terhadap generasi muda Sumbawa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi negeri dan ternama. Kepedulian ini muncul karena sebelum terbentuknya GGS, banyak pelajar dari Sumbawa yang kesulitan mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi (PT) di luar daerah termasuk kriteria untuk mendapatkan beasiswa. Sebagian pelajar tidak kuliah di luar daerah karena memang minimnya mendapatkan informasi. Banyak calon mahasiswa dari Sumbawa yang gagal masuk PT negeri karena tidak mendapatkan informasi secara utuh. Dari seminar inilah, mereka akan mendapatkan trik atau tips bagaimana dengan mudah meraih semua itu. Kemudian GGS menggelar expo dengan membuka stand-stand sedikitnya 17 universitas ternama termasuk stand beasiswa. Ketika para pelajar ingin mendalami informasi mengenai Universitas Indonesia, Universitas Indonesia, UGM, ITS bahkan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), mereka bisa langsung ke stand yang sudah disediakan GGS. “Dari stand ini mereka akan mendapatkan informasi yang lebih khusus, sebab kalau melalui internet informasinya hanya bersifat umum,” imbuhnya.

Baca Juga  Menhub Puji Potensi Lombok "Luar Biasa"

Ditambahkan Patria Dwicahya, bahwa seminar dan expo ini digelar sebagai salah satu bentuk pengabdian GGS kepada masyarakat Sumbawa terutama di bidang pendidikan yang diharapkan banyak putra daerah bisa diterima di sejumlah PT negeri dan ternama. GGS akan memberikan informasi mengenai trik diterima di PT tersebut melalui tiga jalur yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan seleksi mandiri. “Bagaimana tiga jalur ini dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelajar yang akan menjadi calon mahasiswa, sehingga mereka bisa melajar lebih banyak dari informasi yang mereka terima secara utuh,” ujar mahasiswa Sumbawa dari Fakultas Kedokteran UI sekaligus pemateri GGS.

Untuk mendukung hal itu, ungkap Patria, minggu depan GGS akan melaksanakan try-out masuk perguruan tinggi. GGS tidak ingin putra daerah melanjutkan kuliah ke luar daerah karena gengsi semata melainkan benar-benar berkualitas. Selain bidang pendidikan, GGS sebelumnya melaksanakan bhakti social, pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis. GGS juga membuka taman bacaan di Labuan Sumbawa. (JEN/SR)

iklan bapenda