Tersangka Pasar Tana Mira KSB Dituntut Senin Depan  

oleh -0 views
Kasi Pidsus Kejari Sumbawa, Anak Agung Raka DP, SH
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (25/01/2017)

Proses persidangan kasus dugaan penyimpangan revitalisasi Pasar Tana Mira Taliwang, Sumbawa Barat, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Mataram, hampir selesai. Rencananya, Senin (30/1) mendatang, sidang beragendakan tuntutan. JPU akan menjatuhkan tuntutan kepada ketiga terdakwa yakni IR (ketua koperasi), MD (bendahara) dan SUP (konsultan pengawas).

amdal

Kajari Sumbawa melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus), Anak Agung Raka PD SH yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (25/1), memastikan penuntutan terhadap ketiga tersangka Pasar Taliwang ini dilaksanakan Senin pekan depan. Pihaknya sudah menyiapkan tuntutan. “Jumlah hukuman dalam tuntutan sudah ada, tinggal dibacakan saja saat sidang nanti,” katanya.

Dijelaskan Agung Raka, proyek pembangunan atau revitalisasi Pasar Taliwang ini menggunakan anggaran bantuan social Kementerian Koperasi Tahun 2013 senilai Rp 900 juta. Bantuan itu diterima Koperasi Kota Baru Taliwang yang kemudian dikerjakan secara swakelola. Ada beberapa item yang dikerjakan di antaranya los, kamar mandi dan lainnya. Namun dalam pengerjaannya, dinilai tidak sesuai spek atau RAB. Selain itu dokumen lelang dan pengadaan barang dan jasanya diduga direkayasa. Satu orang merangkap beberapa jabatan di kepanitiaan. Dari dugaan inilah dilakukan penyelidikan yang kemudian ditingkatkan ke penyidikan dengan menetapkan tiga orang tersangka yaitu IR (ketua koperasi), MD (bendahara) dan SUP (konsultan pengawas). Hasil audit BPKP, ungkap Agung Raka, terungkap kerugian negara mencapai Rp 190 juta. (JEN/SR)

KEJAKSAAN HUT SUMBAWA

iklan bapenda
Baca Juga  DPO Curanmor Rebah Disikat Peluru