Hukum Murid Bandel, Sekolah Takut Dipolisikan

oleh -14 views
Kepala SMKN 1 Plampang, Drs. Junaidi

SUMBAWA BESAR, SR (23/01/23017)

Ternyata tidak semua orang tua yang protes terhadap guru yang berlaku tegas. Sebab mereka menyadari, dengan ketegasan pihak sekolah, murid menjadi disiplin dan patuh. Sebaliknya jika tidak tegas, murid terkadang membandel bahkan berlaku di luar batas kewajaran. Salah satu orang tua tersebut adalah A. Bakar. Ia menyesalkan kelakuan anaknya. Dari rumah pamit ke sekolah, tapi tidak pernah sampai di sekolah. Dia baru mengetahui anaknya berlaku demikian setelah diinformasikan pihak sekolah.

Menurut pihak sekolah, anaknya sering tidak masuk sekolah. Untuk menegur, sekolah tidak berani bersikap tegas apalagi melakukan tindakan fisik yang mendidik. Jika itu diberlakukan sekolah akan dihadapkan dengan UU Perlindungan Anak, bisa-bisa berhadapan dengan hukum. Dengan kondisi ini kenakalan anak-anak semakin menjadi-jadi karena tidak ada yang ditakutkan oleh mereka. “Jangankan guru, kita saja bertindak keras terhadap anak sendiri, bisa dilaporkan ke polisi,” kata walimurid SMKN 1 Plampang ini.

A Bakar, Wali Murid SMKN 1 Plampang
A Bakar, Wali Murid SMKN 1 Plampang

Ia ingin cara pembinaan anak didik seperti jaman dahulu sebelum adanya UU Perlindungan Anak. Murid saat itu sangat tunduk dan taat pada guru. Guru menjadi berkharisma, digugu dan ditiru. “Sekarang serba salah. Contohnya sekarang, anak saya sendiri pamit ke sekolah, kenyataannya beberapa hari tidak mengikuti pelajaran. Ini akibat sekolah tidak berani memberikan hukuman,” keluhnya.

Sementara Kepala SMKN 1 Plampang, Drs Junaidi mengamini apa yang diutarakan orang tua siswa tersebut. Ia mengakui jika sekolah sangat sulit memberikan efek jera kepada anak didik karena adanya UU Perlindungan Anak. “Kalau kami pukul sedikit saja, orang tua dan LSM  mendatangi kami mengajukan protes bahkan melaporkan kami ke polisi. Jadi, kami tidak mau ambil resiko. Karena itu sangat sulit kita rubah watak anak-anak sekarang,” ujarnya. (BUR/SR)

SDN PAMUNGASMKN 1 Sumbawa HUTSMAN 2 Sumbawa HUTSMPN 1 Unter IwisSMPN 1 HUT SUMBAWASMKN 1 PLAMPANG HUT KABUPATENSDN 1 PLAMPANG HUT KABUPATENCAMAT PLAMPANG HUT KABUPATEN

 

No More Posts Available.

No more pages to load.