Perkuat Persahabatan Menuju Sumbawa Hebat dan Bermartabat

oleh -27 views

SUMBAWA BESAR, SR (22/01/2017)

Puncak HUT Kabupaten Sumbawa ke-58, Minggu, 22 Januari, berlangsung cukup spesial. Selain dihadiri pejabat penting di daerah maupun provinsi juga pejabat negara. Di antaranya Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa beserta rombongan. Tampak juga hadir mantan Bupati Sumbawa, pimpinan DPRD, pimpinan partai politik, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

“Hari ini, seluruh warga masyarakat kabupaten sumbawa tersebar dari Alas Barat sampai Tarano, dari Moyo Utara hingga Lunyuk dan Ropang dengan penuh sukacita merayakan hari lahir kabupaten yang kita cintai ini. Kebahagiaan ini kian terasa lengkap dengan  hadirnya Ibu Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sosial Republik Indonesia yang sangat kami banggakan,” kata Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc didampingi Wakilnya, Drs H Mahmud Abdullah pada upacara peringatan HUT Sumbawa di Halaman Kantor Bupati, Minggu (22/1).

Perayaan ini ungkap Bupati, sungguh beralasan, sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang Allah limpahkan kepada Bumi Sabalong Samalewa, beserta seluruh warga masyarakat yang mendiaminya. Rasa syukur patut diucapkan karena daerah yang didiami ini penuh kedamaian, dimana masyarakatnya hidup dalam suasana aman, tenteram, penuh harmoni dan senantiasa bersinergi antara satu dengan yang lain. “Kita harus bersyukur, karena Allah telah anugerahkan kepada kita daerah yang kaya dan memiliki sejuta potensi yang bisa kita manfaatkan untuk kesejahteraan kita bersama. Di tanah intan bulaeng ini kita miliki hamparan sawah-ladang yang luas membentang tempat petani bercocok tanam, padang savana tempat hidup beraneka ternak, laut yang kaya dan hutan yang lebat serta bumi yang mengandung emas, perak, tembaga dan aneka bahan tambang lainnya,” beber Bupati.

Tema yang diusung dalam peringatan HUT Kabupaten Sumbawa ke 58 ini adalah “Melalui HUT ke-58 Kabupaten Sumbawa Kita Perkuat Rasa Persahabatan Menuju Sumbawa Hebat dan Bermartabat dalam Bingkai NKRI”. Melalui tema ini, Bupati ingin mengirim pesan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang ditinggal di segala penjuru negeri, bahwa masyarakat Sumbawa akan senantiasa hidup rukun dalam suasana penuh persahabatan. Memandang perbedaan sebagai suatu kekayaan dan tidak akan pernah terpengaruh oleh hiruk-pikuk isu yang berpretensi untuk memecah belah kesatuan bangsa. Masyarakat Kabupaten Sumbawa akan menjadi penopang yang kokoh bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tema ini secara jelas terimplementasi dalam rangkaian acara peringatan HUT Kabupaten Sumbawa. “Saya telah mengirimkan edaran kepada seluruh masjid, gereja, pura, vihara untuk melakukan doa bersama bagi kedamaian Sumbawa dan keutuhan NKRI. Masyarakat dari berbagai kelompok etnis juga telah dan akan memberikan kontribusi melalui berbagai acara yang semuanya bertujuan untuk mempererat tali persahabatan dan menegaskan komitmen bahwa siapapun dia, darimanapun dia, selama dia tinggal di Sumbawa dan memiliki komitmen untuk membangun daerah ini, maka secara otomatis telah menjadi Tau Samawa “mana tau barang kayu, lamin to sanyaman ate, banansi sanak family,” ucapnya.

Baca Juga  Dukung Zero Waste, TPPKK NTB Beri Pelatihan Pembuatan Lubang Biopori

Seiring dengan bertambahnya usia, Kabupaten Sumbawa terus menapak maju mengejar ketertinggalan, mensejajarkan diri bahkan melangkah lebih maju dibandingkan dengan daerah lain di belahan nusantara. Pada bidang transportasi misalnya, saat ini mudahnya akses dari dan ke Sumbawa. Pada suatu waktu, orang bisa melaksanakan sholat subuh di Sumbawa lantas sarapan di Mataram, Denpasar, Surabaya bahkan Jakarta karena lancarnya arus transportasi udara. Akses transportasi darat dan laut pun tak kalah mudahnya, 24 jam nonstop hingga arus manusia dan barang semakin lancar. Rasio jalan mantap terus meningkat dari tahun ke tahun. Sektor perdagangan juga terus tumbuh. Usaha mikro, kecil dan menengah semakin bergairah, pasar tradisionil tidak lagi mampu menampung pembeli dan penjual yang semakin membeludak dari hari ke hari. Pasar modern semakin bergeliat, bersinergi melayani pangsa pasarnya masing-masing. Dalam bidang pendidikan pun demikian adanya. Fasilitas pendidikan dari PAUD, pendidikan dasar, hingga pendidikan menengah tersebar merata di seantero Kabupaten Sumbawa. Yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya, ternyata kemajuan di bidang pendidikan tinggi pun tidak kalah geliatnya. Sumbawa memiliki beberapa perguruan tinggi yang telah berkiprah nyata dan terus menunjukkan prestasi dalam skala nasional bahkan internasional. Tak heran, jika dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak anak-anak bangsa datang dari berbagai daerah untuk menuntut ilmu ke Kabupaten Sumbawa. Dalam bidang pertanian kemajuan juga begitu terasa. Produksi padi kita terus meningkat hingga daerah Sumbawa menjadi salah satu lumbung beras yang menopang keberlanjutan program ketahanan pangan secara nasional. Produksi jagung melimpah ruah, demikian juga dengan hasil ternak utamanya sapi, kerbau dan kuda yang penjualannya menjangkau Pulau Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Baca Juga  Sikapi Dugaan Ujaran Kebencian, Sekda NTB Minta Jaga Kondusifitas Daerah

Apa yang dicapai hari ini ungkap Bupati, tentu tidak terjadi begitu saja. Sebagian kemajuan tersebut adalah buah dari suatu proses panjang yang telah diikhtiarkan oleh pemimpin-pemimpin terdahulu bersama seluruh elemen masyarakat. Karenanya Bupati menyampaikan apresiasi kepada Sultan Muhammad Kaharuddin III, H. Madelaoe ADT, Drs. H. Hasan Usman, H. Yakub Koeswara, Drs. H.A. Latief Majid, S.H, dan Drs. H. Jamaluddin Malik beserta wakilnya Muhammad Jabir, SH pada periode pertama dan Drs.H. Arasy Muhkan pada periode kedua atas kiprahnya yang sampai saat ini masih dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat. “Hari ini saya berdiri di sini, menyampaikan komitmen untuk meneruskan jejak-jejak positif yang telah ditorehkan para pendahulu kita. Saya beserta jajaran akan melanjutkan pola dan cara kerja yang sudah baik, membenahi apa yang masih kurang dan  mempercepat apa yang masih lambat,” demikian Bupati Husni. (JEN/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.