Soal BLK Poto Tano, KSB Sulit Penuhi Permintaan Pusat

oleh -9 views
Kadisnakertrans KSB, Abdul Hamid

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN BAG. HUMAS DAN PROTOKOL SETDA SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (17/01/2017)

Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengalami kesulitan dalam mengoptimalkan Balai Latihan Kerja (BLK) di Kecamatan Poto Tano. Pasalnya daerah masih belum bisa memenuhi permintaan pusat yaitu mengirim PNS handal yang siap dilatih untuk menjadi instruktur handal. Selain itu daerah dimintai menyiapkan infrastruktur BLK sebagai syarat untuk mendapatkan bantuan peralatan lengkap dari pemerintah pusat. Terhadap dua permintaan ini, daerah pesimis dapat menyediakannya dalam waktu yang cepat.

Ditemui SAMAWAREA, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Abdul Hamid mengakui jika komitmen pusat untuk mendukung BLK Poto Tano sangat luar biasa. Namun pihaknya masih kesulitan memenuhi permintaan pusat dalam rangka mengembangkan BLK Poto Tano tersebut. Saat ini pusat meminta daerah mengirim PNS untuk mengikuti pelatihan instruktur selama enam bulan. Menyambut permintaan itu pihaknya langsung berkoordinasi dengan BKD. Setelah dicek BKD, ternyata sumberdaya manusia di lingkungan KTC tidak ada. Jika dipaksakan mengirim SDM yang ada, pasti akan ada ruang kosong. Kendati demikian pihaknya terus berupaya dengan menyasar para guru. “Seandainya SMA dan SMK masih wewenang daerah, banyak yang bisa kita ambil. Kami tetap berharap kalangan guru ada yang bersedia,” pintanya.

Dukungan lain pusat untuk pengembangan BLK Poto Tano adalah bantuan peralatan. Pemerintah pusat siap mengirim peralatan yang sangat memadai. Sayangnya infrastruktur masih belum siap. “Saya pesimis infrastruktur bisa kami sediakan dalam waktu dekat ini karena anggaran yang kita cantolkan di APBD murni hanya untuk DED (perencanaannya) sebesar 300 juta rupiah,” ungkapnya.

Baca Juga  Bijaksana pada Pertambangan Rakyat Skala Kecil

Kemungkinan untuk infrastruktur ini, sambung Abdul Hamid, akan dianggarkan melalui APBDP dan telah mendapat dukungan Bupati. “Insya Allah di tahun ini kita bisa sediakan apa yang menjadi permintaan pusat,” pungkasnya. (HEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.