Atasi Ilegal Logging, LATS Gandeng Perguruan Tinggi

oleh -5 views
Sultan Sumbawa Muhammad Kaharuddin IV

MATARAM, SR (13/01/2017)

Pencegahan terjadinya illegal logging lebih efektif dalam menjaga kelestarian hutan daripada tindakan represif. Membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga paru-paru dunia tersebut harus terus dilakukan. Karena itu Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) Kabupaten Sumbawa akan menggandeng sejumlah perguruan tinggi seperti Universitas Samawa (UNSA), Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dan Universitas Cordova. “Kami mencoba melakukan pendekatan kepada masyarakat atas pentingnya pelestarian lingkungan,” kata Sultan Sumbawa, Sultan Muhammad Kaharuddin IV saat dihubungi SAMAWAREA dari Mataram, Kamis (12/1) kemarin.

Sultan mengusulkan para cendekiawan-cendikiawan muda dari berbagai universitas di Tana Samawa untuk bergerak dengan menyadarkan masyarakat agar pengalaman musibah banjir yang terjadi di Bima, menjadi pelajaran sekaligus tantangan untuk meningkatkan rasa memiliki masyarakat akan pengetahuan menjaga pelestarian lingkungan di wilayah sekitar hutan.

Ia tidak ingin kelalaian dalam masalah ini akan membuat generasi mendatang yang menerima akibatnya. “Secara orang per orang oleh teman-teman LATS di daerah mungkin sudah ada yang melakukannya. Secara kelembagaan kita berusaha bersama-sama dengan semua pihak untuk melakukan pendekatan-pendekatan. Ini usaha yang terus menerus kita lakukan,” ujar Sultan Sumbawa.

Cara pendekatan, kerjasama dan menggerakkan cendikiawan dianggap baik. Karena menjaga hutan dan lingkungan adalah tanggung jawab bersama. “Semoga usaha yang kita lakukan ini mampu menghentikan maraknya illegal loging di Tana Samawa,” demikian Sultan. (NA/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Tambang Seloto Belum Ditutup, Warga Siapkan Aksi Demo Jilid II

No More Posts Available.

No more pages to load.