Tenang, Stok Cabai di NTB Aman

oleh -7 views
Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Hj Putu Selly Andayani

MATARAM, SR (10/01/2017)

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Hj Putu Selly Andayani mengatakan, sistem penyaluran cabai di NTB berjalan lancar. Pun halnya dengan ketersediaan stok cabai yang juga sejatinya masih mencukupi untuk konsumsi masyarakat NTB.

Ia menerangkan, kenaikan harga cabai di NTB tak lepas dari gonjang-ganjing kenaikan harga yang terjadi di luar NTB, terutama di Pulau Jawa. “Karena harganya (di sini) bagus jadinya diambil sama daerah lain,” ujarnya kepada awak media usai mengikuti Rapat Pimpinan (Rapim) di Kantor Gubernuran, Selasa (10/1).

Hj Selly menuturkan, harga cabai sudah sempat turun yaitu Rp 90 ribu per kilogram (kg), namun akibat masifnya pemberitaan, banyak pengepul dan pedagang di Lombok yang ‘latah’ menaikan harga hingga Rp 115 ribu per kg pada hari ini. Banyak yang mencari keuntungan pribadi atas melonjaknya harga cabai di luar NTB. Ia menambahkan, operasi pasar bukan jalan keluar utama atas kenaikan harga cabai. Operasi pasar menunjukkan pemerintah peduli terhadap keresahan yang terjadi di masyarakat. Meski demikian, tidak serta merta mampu menurunkan harga cabai. “Harga tetap naik, sekarang di harga Rp 115 ribu per kg, tadi kita sudah pantau di 3 pasar di Kota Mataram, itu sudah naik, ternyata itu solusinya bukan dengan OP (operasi pasar),” jelasnya.

Selly mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak panik lantaran ketersediaan yang cukup di NTB. Ia juga berencana membuat inovasi untuk mendata ketersediaan, distribusi, dan lokasi pengiriman secara akurat melalui program e-Commerce. Dengan sistem tersebut akan memudahkan hubungan antara penjual dan pembeli cabai baik di dalam maupun luar daerah. “Misal dari Jawa mau beli sekian ton, ada datanya, sekarang kan disembunyikan, lihat di TV dia latah ikut naikan, padahal stok ada,” tuturnya.

Baca Juga  Satpol PP KSB Tangkap Warga Alas Barat Penyelundup Arak

Selain itu, mantan Kadiskop UMKM NTB ini juga menyoroti cukup masifnya pengiriman cabai dari Lombok ke luar daerah, bahkan dengan menggunakan moda transportasi pesawat dengan biaya ongkos kirim hanya Rp 6 ribu per kg. Menurutnya, hal ini bukan menjadi masalah, namun dia ingin memastikan pengiriman ke luar daerah tidak melampaui batas, bahkan cenderung mengabaikan pasar di daerah sendiri. “Ada maskapai yang angkut cabai, itu yang akan kita cek dengan Dinas Perhubungan. Seharusnya dibatasi biar tidak over (berlebihan) karena di sini kan pada resah,” demikian Hj Selly. (NA/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.