Kunci Antisipasi Kelangkaan Cabai, Gunakan Teknologi

oleh -3 views

MATARAM, SR (10/01/2017)

Persoalan harga cabai seakan menjadi hal yang biasa setiap tahunnya. Karakteristik cabai sebagai tanaman musiman ditengarai menjadi penyebabnya.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Husnul Fauzi menerangkan, kunci utama dalam mengantisipasi kelangkaan stok cabai ialah dengan menggunakan pemanfaatan teknologi. Salah satunya dengan menggunakan teknologi screenhouse. Namun, biaya besar tentu mengikutinya. Dia memaparkan, untuk penggunaan teknologi ini pada lahan 10 meter x 10 meter saja menghabiskan biaya sebesar Rp 300 juta. “Kuncinya yang menggunakan teknologi saat (off season) tapi mahal,” tuturnya.

Ia sedang mencari cara penggunaan teknologi yang lebih murah namun tetap efisien, misalnya dengan menggunakan rumbai-rumbai melalui serabut kelapa atau larikan yang tinggi agar tidak tergenang air di kala hujan. Bisa juga dengan mulsa yang merupakan material penutup tanaman budidaya untuk menjaga kelembaban tanah serta menekan pertumbuhan gulma dan penyakit sehingga membuat tanaman tumbuh dengan baik, terutama di lahan pertanian di dataran rendah. “Harus pintar cari terobosan yang murah dan efektif,” tandasnya. (NA/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Gerakan NTB Hijau di Sumbawa, Gubernur Kucurkan Bantuan Miliaran Rupiah

No More Posts Available.

No more pages to load.