BNNK Sumbawa Didatangi Dua Pengguna Narkoba

oleh -7 views
Kepala BNN Sumbawa, AKBP Syirajuddin Mahmud

SUMBAWA BESAR, SR (10/01/2017)

Gencarnya Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumbawa melakukan sosialisasi pada tahun lalu membuat masyarakat terutama pengguna narkoba makin sadar. Hal ini dibuktikan pada awal Tahun 2017 ini, dua orang pengguna narkoba mendatangi BNNK untuk diterapi rehabilitasi. “Mereka datang secara sadar dan ikhlas melaporkan dirinya untuk direhabilitasi,” kata Kepala BNNK Sumbawa, AKBP Syirajuddin Mahmud, Selasa (10/1).

Tentunya kesadaran itu sangat diapresiasi karena pengguna narkoba ini memiliki keinginan yang besar untuk sembuh dari ketergantungan barang haram tersebut. “Memang sangat sulit lepas dari jeratan narkoba. Jika sudah menggunakan pasti mecari lagi. Makanya mereka datang langsung meminta untuk diterapi rehabilitasi,” ujarnya.

Langkah kedua orang ini lanjut AKBP Syirajuddin, patut dicontoh. Sebab jika tertangkap dan ditemukan barang bukti akan diproses hukum. Demikian dengan orang tua agar melaporkan apabila anaknya yang masih di bawah umur mengkonsumsi narkoba. Sesuai dengan UU No. 35 Tahun 2009, orang tua wajib melaporkan ke puskesmas, rumah sakit, atau BNN. Ketika tidak dilaporkan, dan anaknya yang masih di bawah umur tertangkap, orang tuanya bisa terjerat pidana dengan ancaman kurungan 6 bulan disertai denda Rp 1 juta.

Disinggung mengenai program sosialisasi pada Tahun 2017 ini, AKBP Syirajuddin masih tetap mengintensifkan sosialisasi dengan sasaran pelajar, masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan lainnya. “Sementara ini sosialisasi kami lakukan. Dan Alhamdulillah sudah ada dua pengguna yang melaporkan diri untuk direhabilitasi,” demikian Syirajuddin. (JEN/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.