ASN Sumbawa Diingatkan Pertahankan Zona Hijau dan WTP

oleh -57 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (09/01/2017)

Memasuki awal Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Sumbawa menggelar Upacara Senin pertama di halaman Kantor Bupati Sumbawa, Senin (9/1). Dalam upacara yang diikuti seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa tersebut, Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam amanatnya mengingatkan kembali tentang target-target yang hendak dicapai pada Tahun 2017 ini. Target ini telah disampaikan Bupati Sumbawa saat pengukuhan sekaligus pelantikan pejabat struktural beberapa waktu lalu. Di antaranya upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan mempertahankan predikat zona hijau. Predikat dari Komisi Ombudsman RI ini berkaitan dengan kepatuhan pemerintah Kabupaten Sumbawa terhadap undang-undang nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Kemudian upaya untuk mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan pemerintah daerah, dan peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang tercermin dari tercapainya seluruh target yang telah ditetapkan pada berbagai dokumen perencanaan pembangunan. “Berkaitan dengan upaya mempertahankan predikat zona hijau dari Komisi Ombudsman, saya minta kepada Pak Sekda untuk kembali membentuk tim kerja yang akan memantau, memfasilitasi sekaligus mengevaluasi progres perangkat daerah dalam menyusun standar pelayanan, standar operasional dan prosedur, informasi pelayanan, penanganan pengaduan dan penyediaan  berbagai prasarana kerja yang mendukung terselenggaranya pelayanan publik yang berkualitas. Tim kerja ini sangat strategis perannya, mengingat bahwa Organisasi Perangkat Daerah yang kita miliki saat ini adalah OPD yang masih baru, saya yakin berbagai instrumen pelayanan yang telah saya paparkan tadi, saat ini belum dimiliki oleh seluruh perangkat daerah yang ada,” ungkapnya.

Baca Juga  Festival Qasidah Digelar, Ekonomi KSB Bergeliat

Dalam upaya untuk mempertahankan predikat WTP untuk kelima kalinya, Wabup meminta seluruh jajaran pemerintah daerah untuk melaksanakan pengelolaan keuangan daerah termasuk aset daerah secara tertib, transparan dan akuntabel. Sedangkan upaya untuk mencapai target yang telah ditetapkan dalam dokumen rencana tahunan dan lima tahunan, Wabup menginstruksikan seluruh SKPD segera menyelesaikan langkah-langkah persiapan sehingga pelaksanaan berbagai kegiatan pembangunan dapat dimulai lebih awal. “Harapan saya, realisasi yang kita capai pada setiap triwulan konsisten dengan perencanaan kas budget yang telah ditentukan. Anggaran yang kita miliki harus segera dibelanjakan untuk kepentingan masyarakat sehingga fungsi intermediasi APBD bagi penyelesaian berbagai permasalahan dapat berjalan sesuai harapan,” harap Wabup.

Baca Juga  Ummi Rohmi: Posyandu Keluarga Dukung Arah Pembangunan Desa Menuju SDGs

Hal lainnya yang penting untuk dilaksanakan adalah himbauan shalat berjamaah di mushallah/masjid disekitar lingkungan kantor, kemudian gerakan 10 menit untuk bergotong royong membersihkan lingkungan sebelum beraktivitas, dan gerakan shalat subuh berjamaah di mushollah atau masjid-masjid di lingkungan tempat tinggal. “Ini betul-betul dilaksanakan agar tidak menjadi himbauan tanpa makna,” ajak Wabup. (JEN/SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *