Tarif SKCK Naik, Kini 30 Ribu

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (04/01/2017)

Perubahan Peraturan Pemerintah dari PP No. 50 tahun 2010 menjadi PP No. 60 tahun 2016, berpengaruh terhadap tarif pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Dokumen yang dulunya dikenal dengan sebutan Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) kini bertarif Rp 30 ribu. Artinya tarifnya mengalami kenaikan dari sebelumnya hanya Rp 10 ribu. Hal ini dijelaskan Kasat Intelkam Polres Sumbawa, AKP Yunus LSM pada Sosialisasi Jenis Tarif Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Polri di Polres Sumbawa, Rabu (4/1).

Kenaikan tarif itu ungkap AKP Yunus, sesuai dengan PP nomor 60 tahun 2016. Dalam PP itu juga mengatur tentang pembayaran pengurusan SKCK. Tidak lagi dibayar langsung kepada petugas SKCK di kepolisian melainkan langsung ke BRI. “Kami akan menempatkan petugas dari BRI di Polres Sumbawa untuk menerima pembayaran dari masyarakat,” katanya.

Disinggung mengenai penerapan SKCK online, AKP Yunus mengaku masih menunggu perintah dari Mabes Polri. Polres Sumbawa sudah memiliki alat untuk pelayanan SKCK online, yaitu ditempatkan di Mapolres Sumbawa, dan Polsek Alas. Saat ini Mabes Polri masih menunggu pendistribusian alat tersebut ke seluruh polres se-Indonesia. “Setelah itu, barulah pelaksanaannya dilakukan secara serentak,” pungkasnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Sertifikasi Tanah Hutan, Empat Pegawai BPN Lotim Dibui

No More Posts Available.

No more pages to load.