1137 Pejabat Pemprov NTB Dirotasi

oleh -13 views

MATARAM, SR (03/12/2017)

Sekitar seribuan pejabat di jajaran lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat dirotasi. Pejabat tersebut terdiri dari eselon II, III dan IV. Terlihat suasana tegang, sempat menghiasi acara mutasi yang berlangsung Selasa (3/1) siang tadi. Mutasi yang dilakukan kali ini adalah terbesar dalam sejarah kepemimpinan Tuan Guru Bajang (TGB) selaku Gubernur NTB. Selain itu, ada pejabat yang dipromosikan, digeser dan beberapa di antaranya tetap pada posisi semula. Bahkan, ada juga beberapa SKPD lowong. Sempat direhatkan sejenak lantaran begitu banyaknya jumlah pejabat bersangkutan yang dirotasi dan terbentur dengan tibanya waktu Shalat Ashar.

Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin SH MSi yang ditemui wartawan, mengungkapkan bahwa mutasi adalah bagian dari penyegaran organisasi di lingkup pemprov. “Hal ini sudah biasa (mutasi, Red). Ini merupakan upaya pemerintah melakukan penyegaran, demi mempercepat pembangunan dan kemajuan daerah lebih baik dari sebelumnya,” ujar H Muh Amin.

Dengan adanya mutasi ini sambung orang nomor dua di NTB itu, diharapkan dapat mendukung percepatan pembangunan dalam memajukan daerah. Bahkan dia menilai, orang-orang yang ditempatkan ini memiliki potensi tersebut. “Insya Allah, saya optimis. Dan mutasi ini dilakukan juga dengan penuh pertimbangan atau kajian yang matang,” kata Wagub.

Ditanya soal adanya beberapa jabatan pimpinan SKPD yang lowong, Wagub menyatakan akan menempatkan Pejabat Pelaksana Tugas (Plt). Hal itu dinilainya juga tidak akan begitu mempengaruhi roda pemerintahan. “Biarkan saja kosong. Kan ada Plt yang nantinya akan ditempatkan di posisi tersebut,” ucap pria asal Sumbawa ini, sembari berharap orang-orang yang ditempatkan ini benar-benar bisa maksimal demi kemajuan daerah ini.

Baca Juga  Pemprov NTB Akomodir 97 Usulan Sumbawa Senilai 837,17 Milyar

Untuk diketahui sebanyak 1137 pejabat eselon II, III dan IV yang masuk gerbong mutasi ini. Banyaknya pejabat tersebut karena adanya peraturan tentang perubahan struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pejabat Eselon II yang terkena rotasi adalah Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Hj Putu Selly Handayani kini Kepala Dinas Perdagangan. Asisten II Setda NTB, HL Gita Ariyadi kini menjabat Kepala BKPMPT. Hj Budi Septiana yang sebelumnya Kadis Perindustrian dan Perdagangan, digeser menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dijabat H. Muh Suruji. Dinas Pariwisata dipimpin HL Moh Faozal. Hj Husnanidiaty Nurdin kini Kepala Dinas Pemuda dan Olaharaga yang sebelumnya Kadis Kehutanan.

Tribudi Prayitna yang sebelumnya Kepala Biro Organisasi dipromosi sebagai Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik. Chairul Maksul yang sebelumnya memimpin BKPM-PT, kini menggantikan jabatan HL Gita Ariyadi sebagai Asisten Bidang Perekonomian. H Abdul Hakim yang sebelumnya bertugas sebagai kepala BKD kini menjabat Kepala Badan Diklat saja dan BKD dijabat oleh Fathurrahman. (NA/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.