Inspektorat Nyatakan Tidak Menyimpang, Tapi Tetap Diusut Jaksa

oleh -3 views
Kajari Sumbawa, Paryono SH MH

SUMBAWA BESAR, SR (29/12/2016)

Inspektorat Sumbawa telah menyatakan tidak ada penyimpangan dalam penggunaan dana di Desa Bugis Medang Kecamatan Badas, Desa Selante Kecamatan Plampang dan Desa Sukamulya Kecamatan Labangka. Namun demikian pihak Kejaksaan Negeri Sumbawa terus mengusutnya.

Kajari Sumbawa, Paryono SH MH yang ditemui SAMAWAREA, Kamis (29/12) mengakuinya. Saat ini laporan dugaan penyimpangan di tiga desa itu masih dalam proses pengumpulan data (Puldata) seksi intelijen. Ia beralasan Puldata itu masih terus dilakukan karena sejauh ini belum meneliti hasil pemeriksaan khusus (riksus) Inspektorat. “Kalau memang sudah ada hasil riksus, harusnya inspektorat menyampaikannya ke kejaksaan,” kata Paryono di ruang kerjanya.

Penelitian riksus Inspektorat ini juga sambung Kajari, untuk mendalami hal lain yang terjadi di lapangan. Ketika memang penelitian tersebut singkron dengan riksus inspektorat, puldata akan dihentikan. Lebih jauh dikatakan Kajari, sesuai prosedur penanganan laporan terkait dugaan tindak pidana yang merugikan keuangan daeragh, pihaknya bekerjasama dengan inspektorat. Dalam hal ini, laporan tersebut akan diserahkan kepada inspektorat selaku Aparat Pemeriksa Internal Pemerintah (APIP). Jika Inspektorat menyatakan bahwa memang terjadi tindak pidana, maka akan dikembalikan lagi ke kejaksaan untuk ditindaklanjuti. Adanya pelibatan APIP dalam penanganan dugaan korupsi ini juga sesuai dengan instruksi Presiden. (JEN/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.