Wujudkan Sumbawa Bebas Kekerasan Terhadap Perempuan

oleh -8 views

SUMBAWA BESAR, SR (22/12/2016)

Hari Ibu merupakan peringatan tentang peran penting seorang ibu dalam keluarganya. Mengingat pentingnya hari tersebut, Panitia Hari Ibu Kabupaten Sumbawa menggelar resepsi peringatan hari bersejarah tersebut di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Kamis (22/12).

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sumbawa, Ny. Sofia Noviantri Rayes Mahmud Abdullah dalam laporannya menyebutkan tema peringatan Hari Ibu ini adalah “Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki untuk Mewujudkan Indonesia yang Bebas dari Kekerasan Terhadap Perempuan, Perdagangan Orang dan Kesenjangan Akses Ekonomi Terhadap Perempuan”. Dalam memperingati hari Ibu ini, beberapa kegiatan telah digelar yaitu penanaman pohon, pengajian akbar, lomba pesan berantai, penyerahan bantuan, joged bola, lomba penyuluhan KDRT oleh bapak-bapak, lomba mendongeng, lomba gerak jalan, ziarah makam, serta pelatihan membuat keterampilan dari bahan–bahan lokal.

Sementara Ny. Hj. Amin Rahmani Husni Djibril selaku Sesepuh Organisasi Wanita Kabupaten Sumbawa dalam sambutannya menambahkan bahwa berbagai kegiatan social yang digelar dalam menyemarakkan Hari Ibu yang dihajadkan selain penghargaan kepada kaum ibu juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat bagi kaum perempuan dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai seorang ibu, sosok yang akan membangun kecerdasan dan pembentukan budi pekerti bagi generasi muda Sumbawa kedepan. “Saya mengucapkan Selamat Hari Ibu, semoga pada peringatan hari ibu ke-88 ini semakin memperkokoh tekad kita semua kaum perempuan untuk lebih berperan dalam berbagai sektor kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Baca Juga  Wagub NTB Nyatakan Film “Matahari Matahari” Sangat Menginspirasi

hari-ibu-sumbawa-1

Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc mengatakan, peringatan hari ibu juga menjadi bukti adanya perhatian, dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan. Peringatan ini membawa pengaruh positif bagi perempuan dan masyarakat yang terdorong untuk selalu menghargai hak-haknya sebagai perempuan. Meskipun harus diakui, pembangunan berwawasan kesetaraan gender belum sepenuhnya optimal, namun dalam perkembangannya, patut berbangga hati karena telah terjadi peningkatan kualitas hidup kaum perempuan. Ditandai dengan kiprah perempuan dalam berbagai peranan, kondisi dan posisi strategis, seperti di bidang politik, hukum, pemerintahan, ekonomi, bahkan hingga pertahanan keamanan. Hal ini menunjukkan bahwa, potensi kaum perempuan cukup besar, apabila dapat ditingkatkan kualitasnya, diberi peluang dan kesempatan, serta dibekali kemampuan dan ketrampilan untuk berperan bersama kaum laki-laki di berbagai bidang pembangunan.

Sejalan dengan upaya pemberdayaan perempuan dan pembangunan berwawasan gender, Pemerintah Kabupaten Sumbawa akan selalu berupaya memberikan kesempatan dan apresiasi, atas keterlibatan kaum perempuan dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Sumbawa. Bupati berarap peran dan kualitas organisasi wanita yang ada, dapat ditingkatkan. Mengingat masih banyak peluang dan tantangan pembangunan ke depan. Salah satunya adalah membangun generasi penerus Tana Samawa yang berkualitas dan berkarakter yang akan mendukung upaya mewujudkan Sumbawa yang hebat dan bermartabat,” tandasnya. (JEN/SR)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.