Diterjang Banjir, Tiga Desa di Plampang Terisolir

oleh -9 views
Jalan Pamunga Putus, akses transportasi ke Prode 2, Prode 3 dan Pamunga lumpuh total

SUMBAWA BESAR, SR (22/12/2016)

Banjir yang menerjang Kecamatan Plampang, Kamis (22/12) dinihari sekitar pukul 00.30 Wita, menyebabkan tiga desa terisolir. Jalan Pamunga yang menghubungkan kota kecamatan dengan Desa Pamunga, Desa Prode 2 dan Prode 3, putus total tergerus air. Aspal sepanjang 40 meter terangkat dan terbawa arus air yang cukup deras. Arus transportasi dari dan ke tiga desa ini pun lumpuh.

Untuk diketahui, air yang menerjang wilayah Plampang tersebut berasal dari air kiriman bukit dan hutan sekitar yang telah digunduli para pelaku illegal logging. Terlihat air terjun bebas tanpa ada penahan dan resapan. “Ini masih hujan pertama jalan langsung rusak berat, bagaimana nanti jika hujan terjadi secara terus-menerus,” kata Kepala Dusun Lenang Belo, Desa Prode 3, Sudirman kepada SAMAWAREA di lokasi banjir, Kamis pagi tadi.

Selain jalan yang putus, ungkap Sudirman, ruas jalan berlumpur sangat sulit untuk dilalui. Yang menyedihkan ketika ada warga yang sakit, pihaknya kesulitan dalam melakukan evakuasi menggunakan kendaraan roda empat ke rumah sakit lantaran kondisi jalan yang rusak berat dan berlumpur.

Sementara Jemaan Abe, warga Pamunga, mengatakan meski jalan yang putus itu diperbaiki berkali-kali tetap kondisinya seperti itu sepanjang tanggul pengaman jalan tidak difungsikan. “Rusak diperbaiki, rusak lagi. Ini terus terjadi damn anggaran daerah terbuang percuma. Jadi kami minta dinas instansi terkait turun ke lapangan untuk mengecek secara langsung,” tukas Jemaan. (BUR/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Disos dan Tagana Salurkan 18 Ton Beras

No More Posts Available.

No more pages to load.