Ibu Pendidik Utama Pembentukan Karakter Anak

oleh -27 views
Ir. Hj. Munasri Hadini, M.Sc--Direktur Pendidikan Karakter sekaligus Penyusun Kurikulum Pendidikan Karakter di Sinar Cendekia, Banten

Seminar Nasional Parenting “Ibu Hebat, Bangsa Bermartabat”

SUMBAWA BESAR, SR (19/12/2016)

Seminar Nasional Parenting yang diselenggarakan SDIT Samawa Cendekia, Minggu (18/12) kemarin, berjalan lancar. Dengan mengusung tema “Ibu Hebat, Bangsa Bermartabat” mampu menarik minat masyarakat untuk ikut serta dalam seminar tersebut. Peserta berasal dari berbagai kalangan, yakni orang tua siswa SDIT SC, masyarakat umum dan sejumlah guru dari sekolah lain. Saat pra acara, peserta seminar disuguhkan hiburan berupa drama musical dari siswa-siswi SDIT Samawa Cendekia. Drama yang menginspirasi ini menceritakan tentang keikhlasan seorang ibu.

Seminar yang dibuka secara resmi oleh Ketua GOW Kabupaten Sumbawa, Sofia Noviantri Mahmud Abdullah ini menghadirkan beberapa narasumber ternama. Yaitu Ir. Hj. Munasri Hadini, M.Sc–Direktur Pendidikan Karakter sekaligus Penyusun Kurikulum Pendidikan Karakter di Sinar Cendekia, Banten. Hj Munastri juga dinobatkan sebagai Best Practice Urgensi Kerjasama Sekolah dengan Orang Tua Siswa dalam Membentuk Karakter Anak serta Mengatasi Ketergantungan Anak pada Gadget. Pembicara lain pada seminar yang dipandu Ny. Aryanti Dwiyani M.Pd ini adalah Dr. H. Muhammad Iksan, M.Pd (Asisten 1 Setda Kabupaten Sumbawa). Seminar berlangsung dari pukul 09.00 hingga 12.30 Wita. Peserta sangat antusias menyimak materi yang disampaikan para pembicara. Saat sesi tanya jawab peserta yang didominasi ibu–ibu ini aktif mengajukan pertanyaan serta sharing pengalaman mereka dalam mendidik si buah hati. “Kami sangat mengapreasiasi Seminar Parenting yang dilaksanakan SDIT Samawa Cendekia ini,” kata Sofia Noviantri Mahmud Abdullah dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu, sembari berharap melalui seminar ini orang tua dapat memahami perannya dalam membentuk karakter anak sehingga mampu mengembangkan kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia.

Baca Juga  Perbanyakan Tanaman Sagu (Metroxylon sagu Rottb.)
Kepala SDIT SC, Sambirang Ahmadi S.Ag M.Si
Kepala SDIT SC, Sambirang Ahmadi S.Ag M.Si

Sebelumnya Ketua Panitia, Desi Maulidyawati, M.Pd melaporkan, seminar parenting ini sebagai salah satu kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ibu. Panitia sengaja mengambil tema “IbuHebat, Bangsa Bermartabat” karena ibu adalah pendidik yang utama bagi seorang anak, sehingga perannya sangat berpengaruh pada pembentukan karakter anak. Tentu orang tua mengharapkan anaknya tumbuh menjadi seorang anak yang berakhlak mulia. Harapannya, dengan mengikuti seminar ini orang tua dan sekolah dapat bekerjasama dalam membentuk karakter anak seperti yang telah dilakukan di SDIT SC. “Kami melibatkan orang tua dalam berbagai kegiatan di sekolah, termasuk dalam membentuk karakter anak,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala SDIT SC, Sambirang Ahmadi, S.Ag., M.Si mengatakan, seminar parenting ini adalah agenda rutin SDIT SC. Hanya sekarang dikemas dalam bentuk seminar nasional untuk melibatkan bukan hanya warga internal SDIT SC tapi juga public yang lebih luas. “Ini adalah seminar nasional yang kedua kami laksanakan setelah dua tahun lalu kami juga mendatangkan psikolog ternama, yaitu Muhammad Fauzil Adzim,” sebutnya.

Segenap panitia penyelenggara pose bersama dengan salah satu pembicara SeminarNasional Parenting
Segenap panitia penyelenggara pose bersama dengan salah satu pembicara SeminarNasional Parenting

Pesan utama dari seminar ini ungkap Sambirang, bagaimana mengintimkan hubungan walimurid dengan sekolah karena pendidikan itu adalah tanggungjawab bersama antara sekolah dengan orangtua. Untuk itu kerjasama harus digalakkan bukan hanya untuk kelangsungan proses belajar mengajar, tapi yang lebih penting adalah untuk membentuk karakter anak. “Agak berat kalau masalah karakter ini hanya dibebankan ke lingkungan sekolah, sementara lingkungan keluarga diabaikan. Jadi momentum Hari Ibu ini kami memanfaatkan untuk menyadarkan seluruh orang tua terutama ibu, agar turut serta mengawal tumbuh kembang karakter anak dengan baik,” ucapnya.

Baca Juga  Siswa SDN 1 Alas Lulus Seleksi Tahap I Olimpiade Matematika Dunia

Ibu lanjutnya, tetaplah rahim pendidikan yang utama. Semua harus saling mengingatkan karena kenyataannya saat ini hubungan anak dengan orang tua mulai berjarak karena pengaruh teknologi terutama gadget. “Ibu-ibu lebih dekat/intim dengan HP daripada anaknya. Ini gejala yang membahayakan kita semua,” tukasnya seraya menambahkan bahwa seminar itu berpesan agar para orang tua lebih intim lagi memperhatikan perkembangan anaknya. Karena anak hebat pasti lahir dari ibu atau lingkungan keluarga yang hebat. Ibu hebat adalah yang tetap mengawal tumbuh kembang karakter anaknya meski dia sibuk bekerja. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.