Baiq Diyah Minta PT Pelindo Perhatikan Hal Ini

oleh -7 views
Baiq Diyah Ratu Ganefi, Anggota DPD RI asal NTB

JAKARTA, SR (20/12/2016)

Anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Nusa Tenggara Barat (NTB), Baiq Diyah Ratu Ganefi, meminta PT. Pelayaran Indonesia (Pelindo) III Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk tidak sekedar membangun Pelabuhan Lembar guna menunjang arus wisatawan dan distribusi barang ke Lombok melalui Pelabuhan Lembar. Menurutnya, PT. Pelindo III Cabang Lembar perlu memikirkan akses jalan keluar angkutan barang dari Pelabuhan Lembar karena jalan yang ada saat ini tidak mampu menampung arus lalulintas jika Pelabuhan Lembar sudah beroperasi yang akan mengangkut barang dalam bentuk truk kontainer. Hal itu dikatakan Baiq Diyah menanggapi rencana pembangunan Pelabuhan Lembar oleh PT. Pelindo III Cabang Lembar dalam upaya mendukung kemajuan pariwisata di Pulau Lombok. PT. Pelindo III Cabang Lembar akan memprioritaskan pembangunan dermaga untuk kapal pesiar atau cruise serta pembangunan Pelabuhan Peti Kemas, Gili Mas di Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB. ( Baca: Pelindo III Bangun Dermaga Kapal Pesiar 1,2 Triliun – Samawa Rea https://www.samawarea.com/2016/12/pelindo-iii-bangun-dermaga-kapal-pesiar-12-triliun/ )

Ia menceritakan pengalamannya beberapa tahun lalu ketika menjadi Ketua Asosiasi Produksi Handycraft, pernah mengajukan agar pelabuhan peti kemas ada di NTB. Pemikiran itu dilator-belakangi akan adanya komoditas unggulan handycraft NTB. “Tapi sekarang jika ingin dibangun di Lembar sangat bagus sekali untuk pengusaha kita membawa barangnya keluar dari Nusa Tenggara Barat,” kata Baiq Diyah kepada SAMAWAREA usai Rapat Paripurna DPDRI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/12).

Baca Juga  Mentan RI Diminta Percepat Wujudkan Bendungan Beringin Sila

Dia minta perlunya difikirkan arus lalulintas barang melalui jalur darat yang volumenya meningkat tiap hari dan harus memperhatikan spesifikasi penggunaan jalan yang saat ini telah beroperasi kapal cepat dari Lembar ke Surabaya. PT. Pelindo diharapkan segera merespon situasi terkini dimana jalan lintas keluar dari Lembar juga digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat di antaranya pengguna jalan kaki dan anak-anak sekolah. “Ini harus difikirkan oleh pemerintah Kabupaten Lombok Barat dan Pelindo. Jangan kemudian nanti menggunakan jalan yang digunakan masyarakat menuju Lembar (Lombok)-Padang Bai (Bali). Ini bisa ramai dan banyak complain,” tegas Baiq Diyah membidangi pariwisata dan pendidikan di Komite III DPD RI.

Ia menambahkan, kedepan PT. Pelindo perlu memikirkan pelabuhan lain seperti di Lombok Utara yang menyediakan banyak lahan dan potensi untuk meningkatkan pariwisata daerah sekitar. Hal sama perlu memperhatikan daerah di Pulau Sumbawa. (ZM/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.