Pelindo III Bangun Dermaga Kapal Pesiar 1,2 Triliun

oleh -7 views

MATARAM, SR (19/12/2016)

Sebagai upaya mendukung kemajuan pariwisata di Pulau Lombok, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Lembar memprioritaskan pembangunan dermaga untuk kapal pesiar atau cruise yang bakal memasuki wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). “Untuk memajukan pariwisata sudah tentu harus didukung dengan infrastruktur yang memadai dan kami sedang mengupayakan hal itu. Yang pasti, kami bersama-sama berkomitmen memajukan daerah Lombok, NTB umumnya,” ungkap General Manager PT Pelindo III Cabang Lembar, Baharuddin saat menggelar acara silaturahmi bersama insan pers di Kota Mataram, Senin (19/12).

Menurutnya, selama ini kapal pesiar besar masih belum bisa bersandar lantaran kondisi infrastruktur yang tidak memadai seperti lebar alur, kedalaman serta kapasitas dermaga belum memenuhi syarat. Kapal pesiar yang masuk hanya dapat berlabuh dan penumpangnya dibawa menggunakan speedboot ke darat. Berkat upaya secara fokus lanjut Baharuddin, kini posisi dermaga sudah memenuhi standar dengan kedalaman 14 meter ke atas, dengan panjang 450 meter serta luasnya mencapai hingga 25 hektar are (Ha). Pengerjaan dermaga akan dilakukan dengan beberapa tahapan. Saat ini pihaknya sedang fokus melakukan tahap pemadatan lahan, setelah itu baru dilakukan pembangunan. “Insya Allah, dermaga atau terminal Petikemas – Gili Mas semester II, paling lambat 2018 sudah bisa beroperasi,” katanya.

Mengenai anggaran yang digunakan diungkapkan Baharuddin, rencananya berlangsung empat tahapan dan murni dari Pelindo III Cabang Lembar dengan nominal Rp 1,2 triliun. “Membangun terminal Petikemas–Gili Mas ini adalah mimpi masa depan. Kami sangat optimis segera terwujud,” tandasnya.

Baca Juga  MenDes Minta Kada Arahkan Desa Tak Gagal Fokus

Untuk diketahui, rencananya ground breaking pembangunan dermaga Petikemas – Gili Mas tepatnya di Lembar Kabupaten Lombok Barat akan dilaksanakan pada 22 Desember 2016 mendatang. Menurut informasi, awalnya akan dihadiri oleh RI 1, namun digantikan oleh Menteri Perhubungan dan Menteri ESDM. (NA/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.