Menang di PN, Doktor Abi Mang Tempuh Kasasi

oleh -10 views
Dr. Drs. A. Rachman Alamudy, SH., M.Si

SUMBAWA BESAR, SR (18/12/2016)

Meski sudah ada putusan Pengadilan Negeri (PN) Sumbawa yang memenangkan gugatannya terkait pemberhentian dari keanggotaan dari Partai Golkar maupun kedudukannya sebagai pimpinan dan anggota DPRD Sumbawa, namun Dr. Drs. A. Rachman Alamudy SH., M.Si dan Agus Salim Okak, masih akan menempuh upaya hukum lainnya. Rencananya, Senin (19/12) besok, Doktor Abi Mang—akrab politisi santun ini disapa, akan mengajukan Kasasi ke Mahkamah Agung (MA). “Insya Allah besok kami akan ajukan Kasasi,” kata Doktor Abi Mang saat ditemui SAMAWAREA, Sabtu (17/12) kemarin.

Upaya ini ditempuh, ungkapnya, karena putusan PN tersebut belum bersifat mengikat dan berkekuatan hukum tetap (inkrach). Untuk memantapkannya, Ia menginginkan adanya putusan Mahkamah Agung (MA) . Tentunya Doktor berharap MA memberikan putusan yang lebih baik.

Untuk diketahui, PN Sumbawa menjatuhkan vonis yang berisi lima poin. Pertama, menyatakan segala keputusan hukum yang telah diambil oleh tergugat 1, tergugat 2 dan tergugat 3 terhadap proses antar waktu Drs. Arahman Alamudy dan Agus Salim selaku penggugat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa dan Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, serta terhadap pemberhentian dari Anggota atau Kader Partai Golkar tidak memiliki kekuatan hukum mengikat dengan segala keputusan hukumnya sampai ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Kedua, memerintahkan kepada tergugat 1, tergugat 2 dan tergugat 3 dan pihak terkait lainnya termasuk DPRD Kabupaten Sumbawa agar tidak membuat keputusan apapun terkait posisi Drs. Arahman Alamudy dan Agus Salim sampai ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. Ketiga, memerintahkan kepada tergugat 1 untuk tidak meneruskan atau melakukan tindakan apapun terlebih dahulu kecuali untuk mencabut surat keputusan DPP Partai Golkar bernomor 73/DPP Golkar 1/2016 tanggal 8 Januari 2016 tentang pemberhentian dari anggota Partai Golkar atas nama Drs. Arahman Alamudy dan Agus Salim dan Abdul Haji sampai ada putusan hukum yang berkekuatan hukum tetap. Keempat, menyatakan dan menetapkan bahwa sebelum perkara ini memperoleh putusan yang berkekuatan hukum tetap, semua keputusan atau surat mandat atau surat lainnya yang dikeluarkan tergugat 1, tergugat 2 dan tergugat 3 yang berkaitan dengan para penggugat adalah tidak sah dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

Baca Juga  Tambah 14 CCTV, Aktivitas di Dalam dan Luar Lapas Sumbawa Terpantau

Dan kelima, memerintah tergugat 1, tergugat 2 dan tergugat 3 untuk menghentikan semua proses, kegiatan, pengambilan kebijakan atau keputusan apapun juga terkait pergantian antar waktu (PAW) Drs. Arahman Alamudy (Doktor Abi Mang) dan Agus Salim sampai perkara ini mempunyai hukum yang tetap. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.