Sumbawa Masuk Jaringan Kota Pusaka Indonesia

oleh -6 views

SUMBAWA BESAR, SR (17/12/2016)

Kabupaten Sumbawa telah memproyeksikan diri sebagai bagian keanggotaan jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang dibina Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI. Rencananya Kabupaten Sumbawa akan dideklarasikan sebagai anggota JKPI, April 2017 mendatang. Informasi ini disampaikan Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc saat membuka secara resmi Mudzakara Rea di Istana Dalam Loka, Jumat (16/12) malam.

Deklarasinya nanti ungkap Bupati, akan dilaksanakan di Bali. Sebagai persiapan dalam menyongsong deklarasi tersebut, Sumbawa saat ini mulai berbenah diri dengan menggali histori tradisi, menggali cagar budaya dan cagar alam dengan segala sejarahnya, melestarikan bahkan mengembangkannya. “Ini semua harus kita laksanakan secara terpadu dan berkesinambungan,” imbuhnya.

 

Namun kewajiban pemerintah daerah dalam berbenah diri ini lanjutnya, tidak akan berjalan mulus jika tidak didukung oleh lembaga-lembaga adat. Karena itu tepatlah jika pada momentum Mudzakara Rea ini, Bupati menitipkan harapan kepada Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) untuk selalu bersinergi dengan pemerintah daerah guna menggali, melestarikan serta mengembangkan adat budaya, cagar budaya, pusaka daerah sebagai kekayaan yang tak ternilai harganya guna dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi pengembangan peradaban Sumbawa di masa mendatang. “Muara akhirnya tentu adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tana Samawa tercinta dari sektor kebudayaan dan pariwisata. Samawa intan bulaeng, tana’ hebat bermartabat, salamat dunia akhirat,” demikian Bupati. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  NTB Diuntungkan Jadi Tuan Rumah MotoGP

No More Posts Available.

No more pages to load.