Peringati Hari BBKS dan HKSN, Komit Wujudkan NTB Gemilang

oleh -5 views

MATARAM, SR (14/12/2016)

Peringatan Bulan Bhakti Kesetiakawanan Sosial (BBKS) yang dirangkaikan dengan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2016, berlangsung meriah. Kegiatan yang dipusatkan di halaman Pondok Pesantren Al-Ijtihad Al-Mahsuni” Desa Danger Kecamatan Masbagik, Lombok Timur dan diawali Jalan Sehat bersama masyarakat ini dihadiri Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH M.Si, Kepala Dinas Sosial dan Catatan Sipil Provinsi NTB, H. Ahsanul Khalid, S.Sos, para SKPD lingkup Pemprov.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur NTB mengajak semua pihak untuk memanfaatkan momentum peringatan HKSN 2016 sebagai ajang untuk membuat komitmen bersama dalam menyukseskan program-program pemerintah dalam rangka meningkatkan semangat kesetiakawanan ini. Semua itu bertujuan untuk mewujudkan NTB Gemilang sesuai dengan tema pada usia 58 tahun tepatnya 17 Desember 2016. Provinsi NTB memiliki segala macam potensi alam yang sangat luar biasa.Semua potensi itu harus dieksplorasi dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraannya. “NTB punya potensi alam yang melimpah, kekayaan itu harus kita manfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat kita,” kata H Muh Amin.

Orang nomor dua di NTB ini juga menjelaskan, saat ini pertumbuhan ekonomi NTB berada di atas rata-rata nasional, yakni 9,9 persen dan itu diakui oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai pihak yang berwenang merilis pertumbuhan tersebut.  Namun Ia mengingatkan agar pertumbuhan ekonomi itu harus dapat menggeser semua sektor dalam pertumbuhannya, terutama indek penurunan angka kemiskinan. “Kita harus mampu menurunkan angka kemiskinan sesuai dengan RPJMD yakni 2 persen pertahun,” tekadnya.

Baca Juga  Bertolak ke Korea, Bupati Sumbawa Jemput Investasi

Dalam kesempatan tersebut, pejabat kelahiran Sumbawa itu juga menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat Kabupaten Lombok Timur yang merupakan kerjasama antara pemerintah Provinsi NTB dengan Non Government Organisation (NGO). Pemberian bantuan secara simbois yakni berupa 500 paket sembako (Dinsos Provinsi), 1000 Paket Daging (@ 4 kg/Yayasan Server Indonesia), 25 buah Tandon Air Bersih (Dinsos Provinsi), kendaraan roda 3 (Dinsos Provinsi), dana pengurangan resiko bencana untuk Desa Sembalun Rp 50 juta (Dinsos Provinsi), 50 paket peralatan sekolah (Bank NTB), bantuan sanitasi air bersih untuk desa-desa se-Lotim (Muslim Aid), peralatan untuk Disabilitas berupa kursi roda, tongkat ketiak (Acces Iife), paket kebutuhan dasar untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (dari Dinsos Provinsi). Usai menyerahkan bantuan, Wagub berpesan kepada dinas terkait untuk tidak hanya memberikan bantuan saja namun harus lebih fokus kepada peningkatan sumberdaya, dengan memberikan pembinaan-pembinaan kepada masyarakat. Dengan demikian, masyarakat akan dapat merasakan dampak dari bantuan-bantuan sosial tersebut secara berkesinambungan. “Kita lebih baik memberikan pancing kepada masyarakat ketimbang ikannya, semoga ini semua bermanfaat untuk bisa memotivasi para penerimanya,” demikian H Muh Amin. (NA/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.