Hujan Lebat, Empat Daerah di NTB Tergenang

oleh -5 views
Kepala BPBD NTB, Barat Ir. H. Muhammad Rum, MT

MATARAM, SR (14/12/2016)

Hujan lebat yang mengguyur wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), belum lama ini menyebabkan 18 titik di wilayah Kota Mataram tergenang. Bukan hanya itu beberapa daerah lainnya juga mengalami hal yang sama seperti Lombok Barat (Lobar), Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan Kabupaten Sumbawa.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tengggara Barat (NTB), titik genangan di Kota Mataram meliputi Karang Pule, Batu Ringgit, Kekalik Jaya, Abian Tubuh, Babakan, Dasan Sari-Pejarakan, Tinggar, Batu Raja, Tempit, Pondok Prasi, Pelembak, Bebidas, Timrah, Karang Buaya dan BTN Kekalik. Kemudian genangan juga terjadi di Monjok Culik, Karang Sidemen dan Punie. “Laporan resmi yang kami terima dari BPBD Kota Mataram sementara terjadinya genangan dan banjir di 18 titik saja,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD NTB, H Mohammad Rum, Selasa (13/12).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Meski demikian, BPBD Kota Mataram tetap fokus melakukan pendataan lebih detail dan terus berkoordinasi dengan BPBD Provinsi NTB. “Informasi terakhir kami terima kondisi air sudah mulai surut namun ada beberapa tempat masih tergenang. Itu dikarenakan drainase di kota banyak dipenuhi sampah. BPBD kota dan Provinsi masih siaga di lokasi tersebut,” terangnya.

Sementara itu, hal yang sama juga terjadi diwilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan Kabupaten Sumbawa. Untuk KSB dikatakan Haji Rum, akibat luapan Sungai Brang Rea (Bree) beberapa desa terendam air. Di antaranya, Desa Bangkat Monteh RT 09 Dusun Mekar Sari, Desa Tepas Sepakat Dusun Bage Aji, Desa Tepas Dusun Sario dan Dusun Genjar. Selanjutnya, Desa Beru Dusun Dangar Permai, Desa Seminar Salit Dusun Seminar, Desa Sapugara Bree Dusun Sapugara, Dusun Bree, Dusun Ponjok dan Dusun Kejawat. “Tinggi volume air berkisar rata-rata dari 50-60 centimeter. Kondisi air sudah surut,” imbuhnya.

Baca Juga  Bupati Bangga Tim Popwil Sumbawa Harumkan NTB

Kabupaten Sumbawa tepatnya di Kecamatan Alas, 5 desa terendam. Sementara Kabupaten Lombok Barat khususnya Kecamatan Batu Layar BTN Bintang Senggigi terdampak di Dusun Tanak Embet Timur dan Barat (203 KK), BTN Bintang Senggigi (55 KK), dan Dusun Teres Ginit (112 KK). “Khusus di Batu Layar bantuan sudah tersalurkan berupa air mineral 21 doz dan mie instan sebanyak 45 doz,” kata Haji Rum. (NA/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.