Horeee…PT AMNT Bangun Smelter di Sumbawa

oleh -7 views
Dr. Kurtubi, Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Nasdem

JAKARTA, SR (08/12/2016)

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) akhirnya menyatakan akan membangun smelter (pabrik pengolahan material tambang) di Pulau Sumbawa. Rencana ini tercetus ketika Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PT AMNT dan PT Freeport Indonesia (PT FI). Sebelumnya PT FI dan pemerintah mendengungkan pembangunan smelter di Gresik dengan menggunakan lahan PT. Petrokimia Gresik. Namun kemajuannya sangat minim. Sedianya, smelter PT. FI juga disiapkan untuk menampung konsentrat PT. Newmont Nusa Tenggara (PT.NNT) setelah melalui akuisisi saham PTNNT berubah nama menjadi P TAMNT. “Beda visi-misinya dengan pemilik lama perusahaan modal asing PTNNT, karena PT. AMNT ini 100% milik anak-anak bangsa yang amat concern dengan masalah ekonomi di daerah tambang,” kata Anggota Komisi VII DPR dapil Nusa Tenggara Barat, Kurtubi menjelaskan hasil kunkernya kepada SAMAWAREA di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/12) kemarin.

Ia menjelaskan status NTB hingga saat ini masih menjadi daerah termiskin dari tujuh daerah termiskin di Indonesia. Padahal NTB sebutnya, menjadi daerah tambang yang cukup baik di Indonesia. “Dengan kepemilikan baru ini sudah mesti PT. AMNT akan membangun smelter di Pulau Sumbawa,” kata Kurtubi.

Dengan keberadaan smelter di Pulau Sumbawa akan mempersempit kesenjangan antara NTB dengan provinsi lain untuk bisa mendorong mengurangi kemiskinan. Pembicaraan mengenai hal ini menurut dia, juga harus juga dilakukan antara PT.FI dengan pemerintah. Kurtubi berpendapat, PT. FI juga harus membangun smelter di Papua. “Ini juga permintaan Pemda Papua. Ini juga alasannya untuk memperkecil kesenjangan antar daerah,” demikian Kurtubi. (ZM/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Kumpulkan Bupati, Presiden Ingatkan Pentingnya Menjaga Perekonomian Daerah

No More Posts Available.

No more pages to load.