Sahril Amin: Pilih Malik Salim atau PT AMNT Tutup Operasional !

oleh -67 views
M. Sahril Amin

JAKARTA, SR (02/12/2016)

Tokoh Pemuda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), M. Sahril Amin memberi batas waktu kepada PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT) untuk memilih Malik Salim–putra daerah KSB sebagai Direktur Utama (Dirut) atau menerima konsekuensi penutupan tambang PT. AMNT. Hal itu dikatakan dia melalui sambungan telepon kepada SAMAWAREA, Kamis (1/12) sore.

Menurutnya, selama dua puluh tahun operasional tambang di KSB belum menunjukan adanya keberpihakan pada pemenuhan hak masyarakat lokal KSB sebagai daerah penghasil. Ia menilai dari sisi sumber daya manusia KSB memenuhi kualifikasi untuk menduduki posisi tinggi di perusahaan PT. AMNT. Untuk mencapai tujuan penempatan Malik Salim sebagai Direktur Utama di PT. AMNT, dia akan membuat petisi dukungan putra daerah KSB yang telah dirancang dari awal kehadiran perusahaan tambang di KSB yang saat itu dikuasai PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT). “Saya minta pemilik saham segera bersikap tentang petisi ini. Pilih Malik Salim atau PT AMNT tutup operasional. Jika sampai ahir Desember tahun ini pihak perusahaan tidak mengakomodir maka gerakan ini menjadi gerakan semesta,” tegas Sahril.

Dia memberi dua pilihan lain kepada PT. AMNT yaitu menempatkan Malik Salim pada posisi Dirut atau Presiden Direktur (Presedir). Jika kedua pilihan itu tidak terpenuhi salah satunya, dia menyarankan PT. AMNT untuk hengkang. karena kata dia, menurut undang-undang hanya masyarakat yang bisa menutup kegiatan pertambangan.

Baca Juga  Tim Operasi Antik Polres Mataram Tangkap Dua Pengedar Shabu

Selama dikuasai PTNNT (sebelum diakuisisi oleh PT AMNT) perusahaan dianggap tidak menghargai marwah dan martabat masyarakat lokal. Dalam kasus ini dia mengambil contoh saat ini terdapat lima direktur dari luar KSB. Komposisi ini disebut sebagai komposisi nepotisme karena tidak menghargai kemampuan putra daerah KSB. “Seharusnya dari lima posisi Dirut terdapat dua atau tiga putra daerah. Kalau ini tidak diakomodir, sekalian posisi top manager diserahkan kepada warga local,” pintanya.

Sejak Newmont beroperasi, Sahril mengaku sudah mengingatkan untuk mengakomodir masyarakat lokal namun ternyata perusahaan tidak responsible (bertanggung jawab, red). Akumulasi dari kekecewaan ini bakal menjadi gerakan progressif yang melibatkan seluruh elemen masyarakat di KSB. (ZM/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.