Tuan Guru Zainuddin Abdul Majid Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

oleh -61 views

JAKARTA, SR (01/12/2016)

Tim Tekhnis Pengajuan nama Pahlawan Nasional, Maulana Syaikh (Tuan Guru), Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, pendiri organisasi Islam Nahdatul Wathan (NW) dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) diusulkan menjadi Pahlawan Nasional. Tim dipimpin Sekretaris Umum (Sekum) Nahdatul Wathan (NW) Nusa Tenggara Barat (NTB), Irzani.

Anggota DPD RI, Lalu Suhaimi Ismy seusai menerima Tim kepada SAMAWAREA, di Sekretariat DPD RI dapil NTB lantai III Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/11) kemarin, mengatakan, perjuangan fisik dan non fisik Muhammad Zainuddin Abdul Majid pantas mendapat gelar Pahlawan Nasional. Hal serupa diberikan kepada adik Muhammad Zainuddin Abdul Majid Tuan Guru Faisal yang gugur dalamĀ  pertempuran mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dan dimakamkan di Makam Pahlawan Rinjani Selong, Lombok Timur, NTB.

Anggota DPD RI, Lalu Suhaimi Ismy
Anggota DPD RI, Lalu Suhaimi Ismy

Menurut dia, banyak karya tulis dalam bentuk buku yang mencerminkan kepahlawanan hingga membangkitkan nasionalisme masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Dari bobot ini diharapkan gelar pahlawan bisa diberikan kepadanya. Saat ini DPD RI tengah menggodok upaya mengajukan gelar Pahlawan Nasional, sebutnya. Ia mengaku setuju pemberian gelar Pahlawan lebih selektif namun pemerintah diminta lebih melihat pada bobot peran calon penerima gelar Pahlawan terutama memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan RI dibandingkan pahlawan sesudah kemerdekaan yang melanjutkan perjuangan para pahlawan kemerdekaan. “Ini adalah perlawanan fisik melawan penjajah kemudian kembali mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Jadi kalau boleh kita katakan ada tiga fase dilaluinya, merebut kemerdekaan, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Itu riil yang bisa disaksikan saat ini,” kata Suhaimi.

Baca Juga  BIZAM Lombok Raih Predikat Bandara Sehat 2020

Atas dasar fakta itu imbuhnya, betapa besar jasanya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Muhammad Zainuddin Abdul Majid yang bergelar Tuan Guru juga dikenal sebagai tokoh yang sangat toleran pada masanya sehingga tidak ada konflik antar golongan.

Ditempat sama, Irzani yang dimintai keterangannya, membenarkan Muhammad Zainuddin Abdul Majid diajukan sebagai Pahlawan Nasional. Ia mengaku menemui anggota DPD RI asal NTB, Suhaimi Ismy di Sekretariat DPD RI NTB di lantai III Nusantara V Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Dalam diskusi dengan DPD RI kata dia, keempat anggota DPD RI asal NTB (Farouk Muhammad, Baiq Diyah Ratu Ganefi, Suahimi Ismy dan Robiatul Adawiyah) telah menyatakan kesiapannya membantu berkomunikasi untuk mengeluarkan rekomendasi pimpinan DPD RI guna memperjuangkan Muhammad Zainuddin Abdul Majid sebagai Pahlawan Nasional.

Disamping itu, Irzani bersama L. Suhaimi Ismy juga membicarakan percepatan pembangunan wilayah Timur Indonesia terutama di NTB. Ia meminta DPD RI mengawal pembangunan NTB sebagaimana Presiden Jokowi sangat giat menyuarakan global HAM, pembangunan jalan, port to port, dan Kawasan Wisata Mandalika, Lombok, NTB. “Ini bisa maksimal anggota DPD mengawal janji Presiden Jokowi ke NTB ini”, kata dia.

Menyangkut Kamtibmas kata dia, NTB saat ini menjadi tujuan wisata produk halal. Pihaknya meminta Pemerintah agar membuat aturan Pemerintah dengan tidak mengesampingkan kepentingan-kepentingan orang lain. (ZM/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.